Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Luncurkan Smartphone "Murah" Pixel 6A, Ini Harganya

Smartphone ini menjadi alternatif bagi konsumen yang mendambakan Pixel 6 versi murah.

Mengingat Pixel 6A merupakan versi "ringan" dari Pixel 6 series, spesifikasi smartphone ini juga lebih rendah dari "saudaranya". Misalnya dari sisi layar yang lebih kecil, sampai resolusi kamera yang lebih rendah.

Walau dalam beberapa aspek spesifikasinya berbeda, chipset yang menyokong performa Pixel 6A, sama dengan Pixel 6 lainnya, yaitu Google Tensor.

Spesifikasi Google Pixel 6A

Di atas panggung Google I/O yang digelar di Shoreline Amphitheater, California, AS, Pixel 6A tampil dengan desain yang sama seperti Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, baik dari gaya layarnya maupun punggung ponsel.

Layar Pixel 6A didesain memiliki lubang kecil untuk mengakomodasi kamera depan.

Layarnya menggunakan AMOLED dengan bentang 6,1 inci dan resolusi 2400 x 1080. Refresh rate layarnya hanya 60 Hz, lebih rendah dibanding Pixel 6 dan 6 Pro yang masing-masing sebesar 90 Hz dan 120 Hz.

Sementara bagian punggung ponsel dihias dengan modul kamera berbentuk persegi panjang dan kelir hitam, sehingga kontras dengan penampang perangkat. Modul kamera ini juga menonjol seperti Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Bodinya juga dibingkai dengan material aluminium disertai pelindung layar Gorilla Glass. Hanya saja, Pixel 6A menggunakan Gorilla Glass 3 alih-alih Gorilla Glass Victus seperti Pixel 6 series lainnya.

Chip ini dikembangkan dengan arsitektur 5 nm dan memiliki CPU octa-core dengan clockspeed 2,8 GHz. Urusan grafisnya, ditangani oleh GPU Mali-G78 MP20. Selain itu, Google juga menyematkan chip keamanan Titan M2 pada Pixel 6A.

Pada Pixel 6A, chip Tensor ini didampingi dengan RAM LPDDR5 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB yang didukung teknologi penyimpanan UFS 3.1.

Untuk aspek kamera, Pixel 6A dilengkapi dengan kamera ganda, resolusinya meliputi kamera utama 12,2 MP (f/1.7) yang didukung OIS serta kamera ultra wide 12 MP (f/2.2).

Sementara untuk menunjang swafoto dan panggilan video, smartphone ini menawarkan kamera depan 8 MP (f/2.0).

Pada aspek daya, Pixel 6A ditopang oleh baterai 4410 mAh. Google mengeklaim kapasitas tersebut menawarkan lebih dari 24 jam penggunaan normal dan hingga 72 jam dengan mode penghemat baterai diaktifkan.

Pengisian ulang baterainya ditunjang oleh USB tipe C dengan dukungan fast charging 18 watt. Namun smartphone ini tidak dilengkapi dengan dukungan pengisian ulang nirkabel (wireless).

Dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Kamis (12/5/2022), Pixel 6A berjalan dengan sistem operasi Android 12 dengan jaminan pembaruan keamanan hingga 5 tahun. Adapun warnanya tersedia dalam tiga opsi yaitu Chalk, Charcoal dan Sage.

Harga Pixel 6A

Pixel 6A dibanderol dengan harga 449 dollar AS atau setara Rp 6,5 juta. Harga tersebut sama dengan Pixel 5A yang diluncurkan Google pada tahun lalu.

Pixel 6A akan mulai dijual secara online pada 21 Juli dan offline pada 28 Juli 2022. Smartphone ini akan tersedia di Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Jepang, Puerto Rico, Singapura, Spanyol, Taiwan, Inggris, dan Amerika Serikat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/12/07280067/google-luncurkan-smartphone-murah-pixel-6a-ini-harganya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.