Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Emoji yang Banyak Disalahartikan, Simak Makna Sebenarnya

KOMPAS.com - Emoji di berbagai media sosial menjadi pelengkap obrolan pengguna dalam ruang chatting masing-masing.

Dengan emoji, obrolan pengguna menjadi lebih ekspresif dan berwarna. Emoji pun terdiri dari banyak gambar yang merepresentasikan ekspresi atau suasana tertentu.

Tentu banyaknya emoji dengan beragam ekspresi ini terkadang banyak yang disalahartikan oleh pengguna.

Meskipun sudah menjadi hal lumrah sebuah emoji memiliki beragam arti dan makna, tergantung tujuan si pengguna, namun sebenarnya beberapa emoji memiliki arti asli yang dilansir dari situs emojipedia.org. 

Lantas apa saja emoji yang seringkali disalahartikan, berikut beberapa daftar emoji dan makna sebenarnya.

Emoji ini digambarkan dengan ekspresi wajah kuning dengan mata berbentuk X serta mulut yang menganga. Hal ini membuat sebagai pengguna mengartikan emoji ini sebagai ekspresi mati.

Namun dilansir Cheatsheet, emoji ini bernama “Astonished face” yang berarti wajah yang tercengang. Jadi karakter tersebut sebenarnya dimaksudkan sebagai “wajah heran” atau seseorang yang sedang tercengang.

Emoji ini kerapkali disamakan dengan ekspresi banteng yang sedang marah. Sehingga banyak pengguna juga yang menggunakannya untuk mengekspresikan kemarahan, Namun sebenarnya emoji ini bernama “Face with look of triumph” yaitu ekspresi yang menggambarkan sebuah kemenangan.

Emoji ini sering dijumpai dan digunakan pengguna untuk ekspresi menyambut sesuatu.  sebenarnya tidak ada yang salah, namun dilansir emojipedia, emoji ini memiliki arti sebagai ekspresi memeluk seseorang, memberikan dukungan, hingga rasa berterima kasih.

Emoji satu ini sering digunakan pengguna sebagai ekspresi keterkejutan karena gambarnya yang berupa wajah kuning dengan mulut dan mata terbuka. Namun sebenarnya, emoji ini menunjukkan ekspresi seseorang yang sedang diam.

Emoji tangan terbuka kerap diartikan sebagai seseorang yang mengabaikan sesuatu atau seseorang. Namun makna sebenarnya adalah emoji ini justru menunjukkan seseorang yang terbuka akan sesuatu bahkan ekspresi mengenai pelukan.

Salah satu emoji yang kerapkali disalahartikan adalah tangan berdo’a. Bahkan sebagian pengguna menggunakannya sebagai “tos”. Namun sebenarnya emoji bernama “folded hands” ini diartikan sebagai simbol permintamaafan ala Jepang atau bahkan menunjukkan rasa terima kasih atas makanan.

Emoji wajah ini kerap digunakan untuk menunjukkan ekspresi seseorang sedang stress atau khawatir terhadap sesuatu. Namun emoji ini sebenarnya dimaksudkan untuk mengekspresikan seseorang yang sedang bingung.

Emoji ini seringkali digunakan untuk menunjukkan rasa kesedihan karena didukung dengan ekspresi wajah sedih.

Namun sebenarnya emoji ini memiliki arti untuk mengekspresikan seseorang yang sedang stress, ketakutan, atau rasa sakit. Titik air di atas menggambarkan bahwa dirinya sedang berkeringat dingin.

Banyak yang menggunakan emoji ini sebagai emoji balerina karena gesture tangannya berada di atas kepala seperti akan menari balet.

Dilansir dari emojipedia, arti emoji wanita dengan tangan di atas ini sebenarnya dimaksudkan sebagai simbol OK atau seorang gadis yang membuat tanda OK dengan tangannya. Ini merupakan simbol OK yang biasa digunakan orang Jepang.

Emoji wajah ini umumnya digunakan pengguna sebagai seseorang yang mengekspresikan sedang merengek atau ingin berteriak. Namun sebenarnya emoji ini menggambarkan ekspresi wajah lelah.

Meskipun banyak emoji yang cukup sering disalahartikan, hal ini dinilai tidak ada masalah karena sesungguhnya penggunaan emoji tergantung pada suasana dan interpretasi masing-masing pengguna.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/12/17350087/10-emoji-yang-banyak-disalahartikan-simak-makna-sebenarnya-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke