Salin Artikel

5 Tips Mudah Meningkatkan Subscriber Channel YouTube

KOMPAS.com - YouTube menjadi platform video yang saat ini menjadi pilihan banyak masyarakat sebagai aplikasi streaming. Tak hanya menikmati berbagai konten, pengguna juga dapat mengunggah berbagai konten video kreatif maupun informatif.

Sebagai kreator konten, Youtubers (panggilan untuk para konten kreator YouTube) dapat melakukan monetisasi pada berbagai video kontennya.

Namun, untuk monetisasi channel YouTube miliknya, tentu terdapat berbagai syarat dan ketentuan salah satunya adalah jumlah minimal subscriber.

Dilansir dari laman bantuan Google, kreator konten di YouTube harus memiliki minimal subscriber sebanyak lebih dari 100.000 pengguna.

Untuk meningkatkan subscriber channel YouTube Anda, berikut ini KompasTekno rangkum beberapa tips untuk meningkatkan subscriber YouTube Anda.

Menentukan niche konten video yang dibuat

Niche video merupakan topik spesifik yang diangkat. Tentukan niche konten yang relevan sesuai target audiens Anda. Buat channel YouTube sesuai niche yang dimiliki dengan konsisten. Ini akan membuat audiens lebih mudah mencari berbagai video konten YouTube sesuai yang diinginkan. 

Misalnya saja Anda ingin memiliki channel YouTube dengan niche teknologi. Maka dari itu Anda juga harus mengunggah berbagai konten mengenai teknologi secara rutin dan spesifik.

Ini akan membuat audiens lebih mengenal channel Anda dan memungkinkan pengguna berlangganan, karena konten yang dibuat lebih spesifik dan lengkap. Niche juga membantu channel YouTube Anda memiliki konten khusus dan spesifik.

Tambahkan tombol watermark channel di pojok kanan video

Sering melihat tombol logo atau watermark channel YouTube di pojok kanan bawah? Tombol watermark tersebut tentu bertujuan menjadi tombol Call to Action untuk penonton. Hal ini juga akan memudahkan penonton meng-klik tombol subscribe channel Anda.

Tambahkan rekomendasi konten video lain

Salah satu tips untuk menambah subscriber channel YouTube tentu para kreator konten harus mengunggah video secara rutin dan sesuai niche channel yang dimiliki.

Maka dari itu, agar mereka dapat menjelajahi berbagai konten video lain, jangan lupa untuk menambahkan tombol “End Screen” untuk memunculkan rekomendasi pada beberapa detik video terakhir.

Cara menambahkan end screen pada YouTube

  • Login ke YouTube Studio
  • Klik menu kiri, pilih “Konten”
  • Klik judul atau thumbnail video yang ingin diedit
  • Klik menu “Editor” di bagian menu kiri
  • Klik menu “End Screen”
  • Kemudian pasang template “End Screen” sesuai yang Anda inginkan kemudian “Simpan”

Optimalkan SEO pada konten video Anda

Jangan lupa untuk mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO) pada setiap konten video yang Anda unggah. Adapun beberapa cara untuk mengoptimalkan SEO pada konten video YouTube.

Misal saja Anda membuat konten dengan kata kunci “Aplikasi edit video”. Maka kata kunci tersebut harus tersemat secara natural pada judul, deskripsi video, kategori, tag, hingga thumbnail.

Promosikan channel YouTube di berbagai media sosial

Selanjutnya adalah melakukan promosi channel YouTube. Jika Anda mulai merintis sebagai kreator konten YouTube, tentu promosi video konten ke berbagai media sosial wajib dilakukan.

Anda dapat mempromosikan berbagai unggahan konten YouTube di media sosial baik secara gratis maupun berbayar di seluruh platform media sosial yang Anda miliki.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/13/17150067/5-tips-mudah-meningkatkan-subscriber-channel-youtube

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.