Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

WhatsApp Uji Coba Tampilan WA Status Baru di Android, Begini Desainnya

Lebih spesifik, perombakan minor ini hanya muncul di tampilan WA Status saat hendak menulis teks, bukan mengunggah foto atau video. Berdasarkan pantauan KompasTekno, beberapa pengguna WhatsApp sudah mendapat pembaruan fitur WA Status.

Pembaruan fitur ini sudah hadir di WhatsApp versi beta 2.22.11.13. Lantas, seperti apa tampilan WA Status yang baru dan bagaimana perbandingannya dengan WhatsApp Status versi lama?

Di tampilan WA Status yang baru, ada pergeseran tata letak seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Ikon emoji, teks, dan palet warna yang sebelumnya berada di kiri bawah, kini pindah ke sisi kanan atas. Sementara di kiri bawah, kini dihuni oleh menu "caption view" atau pengaturan "siapa yang bisa melihat pembaruan WA Status".

Apabila opsi itu diketuk, pengguna akan diarahkan ke pengaturan siapa saja kontak yang bisa melihat WA Status Anda. Opsi yang tersedia ada tiga dan masih sama seperti sebelumnya, yakni:

Dengan perubahan ini, pengguna akan lebih mudah mengatur siapa saja yang diizinkan melihat WA Statusnya. Sebelumnya, cara mengatur kontak yang bisa melihat WhatsApp Status kita, belum seringkas itu.

Di versi lama, pengguna harus mengaturnya lewat menu setting/pengaturan lebih dahulu.
Kemudian, pengguna harus menuju menu "Akun" > "Privasi" > "Status" > pilih opsi siapa yang bisa melihat pembaruan WA status.

Perubahan "caption view" ini juga terlihat ketika pengguna hendak mengunggah foto atau video di WhatsApp Status.

Cek apakah tampilan WA Status yang baru sudah muncul atau belum

Dihimpun KompasTekno dari WA Beta Info, Jumat (13/5/2022), tampilan baru WhatsApp Status ini baru tersedia untuk pengguna versi Beta yang menggunakan perangkat Android.

Jadi, jangan berkecil hati apabila belum menemukan pembaruan WA Status ini. Untuk mengecek apakah Anda sudah bisa menggunakan tampilan baru WA Status atau belum, Anda perlu melihat versi WhatsApp yang Anda gunakan. Caranya:

Seperti disebutkan sebelumnya, tampilan baru WA Status baru tersedia di apliaksi versi beta 2.22.11.13. Apabila versi aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan masih di bawahnya, segera lakukan update aplikasi.

Akan tetapi, update hanya tersedia bagi pengguna yang sudah terdaftar program WhatsApp Beta saja. Artinya, pengguna publik biasa kemungkinan besar belum akan mendapat pembaruan ini.

Pendaftaran WhatsApp versi beta bisa dilakukan via Google Play Store. Akan tetapi, tampaknya pendaftaran pengguna WhatsApp versi beta saat ini sudah penuh.

Apabila Anda sudah terdaftar sebagai pengguna versi beta, akan muncul keterangan "Anda adalah penguji beta" di Google Play Store, ketika mencari aplikasi WhatsApp. Itu berarti, Anda punya peluang meng-update ke WhatsApp beta versi terbaru dan menjajal tampilan baru WA Status.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/13/18050097/whatsapp-uji-coba-tampilan-wa-status-baru-di-android-begini-desainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke