Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Layanan Indosat Ooredoo Dikeluhkan Bermasalah Selasa Malam

KOMPAS.com - Layanan telekomunikasi Indosat Ooredo Hutchison dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan. Hal ini terlihat dari sejumlah cuitan pengguna di Twitter maupun situs pelacak gangguan web, Downdetector. 

Mayoritas keluhannya terkait dengan sinyal Indosat yang timbul tenggelam alias tidak stabil. Bila pun tersedia, jaringan yang didapatkan pengguna hanya berkualitas 'Edge'.

"Punyaku kadang pindah ke Edge," kata salah satu pengguna Indosat yang sedang berada di Jakarta Selatan kepada KompasTekno.

Namun kendala ini tampaknya hanya dialami oleh pengguna Indosat saja, tanpa melibatkan pelanggan Tri Hutchison.

Menurut situs Downdetector, masalah yang paling banyak dilaporkan yaitu terkait tidak adanya sinyal. Gangguan lainnya yaitu terkait internet hingga blackout alias layanan sama sekali tidak bisa digunakan.

Gangguan sinyal Indosat dilaporkan melalui situs Downdetector sejak Selasa (17/5) siang sekitar pukul 11.00 WIB. Namun sejak pukul 15.59, jumlah laporannya naik signifikan hingga 78 laporan. Laporan tertinggi tercatat pada pukul 18.32 dengan total 123 laporan.

Pengguna Indosat juga mengeluhkan adanya gangguan di Twitter. Salah satu pengguna mengeluh bahwa sinyal Indosat lenyap di Jakarta Selatan. Ia bahkan mendapati gangguan tersebut terjadi beberapa kali hari ini (17/5).

Pengguna lainnya juga mengaku mengalami gangguan yang sama, namun sedari pagi.

Ada pula yang terdampak gangguan sinyal Indosat hingga tak bisa mengakses aplikasi Zoom dengan stabil, sehingga ia bolak-balik keluar dengan sendirinya dari aplikasi tersebut.

"Ihhh Indosat lagi gangguan yaa, tadi zoom bolak-balik keluar mulu gara-gara sinyal jelek," cuit warganet dengan handle @nielshine23.

Gangguan sinyal Indosat juga dikeluhkan pengguna melalui layanan konsumen Indosat di Twitter, yaitu Indosat Ooredoo Care.

Namun akun Twitter layanan dengan handle @IndosatCare tersebut hanya menyarankan pengguna untuk me-restart ponsel atau mengaktifkan mode pesawat lalu mematikannya lagi, tanpa menjelaskan penyebab gangguan.

Gangguan sinyal Indosat sendiri tampaknya dialami sebagian pengguna alias tidak merata. Sebab, salah satu pengguna berkata sinyal Indosat milik rekannya berjalan lancar, padahal miliknya terdampak gangguan.

Akun Indosat Ooredoo Care sendiri mengeklaim timnya sedang mengupayakan optimalisasi akses jaringan internet pengguna.

"Saat ini dapat kami konfirmasi tidak ada gangguan secara masal," ujar Steve kepada KompasTekno melalui pesan singkat, Selasa (17/5/20220 malam.

Pantauan kami, hingga saat ini keluhan pengguna terkait gangguan sinyal Indosat masih bergulir di Twitter dan grafik laporan juga masih "merah" di DownDetector, mengindikasikan laporan Indosat error belum redam. Selain sinyal yang tidak stabil, pengguna juga mengeluhkan kecepatan internet yang lambat.

Pembaruan informasi, Selasa (17/5), pukul 21:11 WIB: Indosat Ooredoo mengonfirmasi adanya gangguan yang dialami sejumlah penggunanya dan meminta maaf atas hal tersebut.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh sebagian pelanggan IM3 di Jabodetabek, Jawa Timur, dan Sumatra. Kami mohon kesabaran pelanggan sementara kami masih terus berupaya sesegera mungkin memulihkan layanan kami," kata Steve dalam pesan singkat kepada KompasTekno.

Steve menambahkan saat ini, layanan Indosat Ooredoo berangsur-angsur pulih. Hal itu sejalan dengan pantauan di situs DownDetector, di mana grafik laporan gangguan Indosat Ooredo sudah berubah wanra mejadi biru, mengindikasikan laporan masalah telah menurun.

Namun, Steve mangatakan apabila layanan Indosat Ooredoo masih belum stabil, pengguna diimbau untuk mematikan lalu menyalakan lagi mode pesawat (airplane mode) atau melakukan restart perangkat secara berkala.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/17/19371697/layanan-indosat-ooredoo-dikeluhkan-bermasalah-selasa-malam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke