Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPhone atau Macbook Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?

KOMPAS.com - Kehilangan gadget seperti ponsel dan laptop mungkin bakal bisa membuat pusing, apalagi hilangnya karena dicuri. Untuk menghindari kerugian gadget hilang, beberapa vendor telah mengantisipasinya dengan fitur keamanan khusus, termasuk Apple.

Raksasa teknologi asal Cupertino itu membekali iPhone dan Macbook dengan fitur Find My. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bisa meminimalisir kerugian saat iPhone atau Macbook hilang.

Find My mungkin tak asing lagi bagi pengguna yang ingin mencari iPhone hilang. Namun bagaimana bila Macbook hilang? Apakah Macbook hilang bisa dilacak juga dengan Find My?

Dengan Find My, pengguna bisa mencari atau melacak keberadaan iPhone, sekaligus Macbook yang hilang lantaran dicuri. Tak hanya itu, pengguna juga bisa mengunci dan menghapus data-data yang tersimpan di iPhone atau Macbook lewat Find My.

Kendati mungkin telah dibekali fitur Find My, bagi sebagian pengguna mungkin masih bingung dalam mengoperasikannya. Ini mungkin terjadi karena pengguna perlu untuk memastikan pengaturan Find My telah aktif sebelumnya di iPhone atau Macbook.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika iPhone hilang, begitu pula dengan Macbook? Dikutip dari laman resmi Apple, setidaknya terdapat tiga langkah yang wajib dilakukan bila iPhone atau macbook miliknya hilang.

Adapun langkah tersebut adalah melacak perangkat, mengunci perangkat, dan menghapus perangkat. Perlu diketahui, semua langkah tersebut hanya dimungkinkan bila pengguna telah mengaktifkan fitur Find My di iPhone atau Macbook sebelum perangkat hilang.

Umumnya, fitur Find My secara default bakal otomatis aktif bila pengguna telah memasukkan Apple ID di iPhone atau Macbook. Dengan demikian, dalam melacak iPhone atau Macbook yang hilang, penting untuk memiliki Apple ID.

Untuk penjelasan yang lebih lengkap, berikut KompasTekno rangkumkan cara melacak iPhone atau Macbook.

Demikian informasi seputar langkah apa yang harus dilakukan jika iPhone hilang, pun demikian dengan Macbook, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/19/16150077/iphone-atau-macbook-hilang-apa-yang-harus-dilakukan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke