Salin Artikel

Daftar Game E-sports yang Sumbang Medali untuk Indonesia di SEA Games 2021

Keenam medali tersebut diraih dari enam nomor pertandingan di SEA Games 2021, yang terdiri dari Free Fire, PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang-Bang, Cross Fire, dan FIFA Online 4.

Berikut merupakan daftar medali yang berhasil diraih timnas Indonesia dalam ajang SEA Games 2021:

Free Fire merupakan nomor yang menyumbangkan medali emas pertama untuk Indonesia dari cabor e-sports. Medali emas diraih oleh tim Garuda setelah berhasil memperoleh total skor 236 poin, berikut tiga kemenangan alias "Booyah".

Sedangkan tim perwakilan kedua, Rajawali, juga sukses menyabet satu medali di nomor pertandingan Free Fire, yakni medali perak.

Tim Garuda dan Rajawali telah mengerahkan upaya terbaik mereka. Di saat-saat terakhir, keduanya bahkan harus bertarung satu sama lain untuk memperebutkan posisi pertama.

Perjuangan dan pencapaian yang diraih keduanya turut menarik perhatian Garena selaku pengembang game Free Fire. Sebagai bentuk apresiasi, Garena memberikan dana tunjangan pendidikan dan pelatihan e-sports senilai Rp 1 miliar bagi para atlet tim Garuda dan Rajawali.

Setelah pertandingan untuk nomor Free Fire, lima atlet asal timnas Indonesia ikut berpartisipasi di nomor PUBG Mobile kategori individu (solo).

Di puncak acara yang berlangsung pada 17 Mei lalu, satu orang atlet Indonesia berhasil mengamankan medali perak, yang diraih oleh Alan Raynold Kumaseh (INA1Alan).

Dari lima pertandingan yang diikutinya, Alan yang juga dikenal melalui tim e-sports Genesis Dogma GIDS, berhasil mengamankan posisi kedua dalam hasil klasemen akhir dengan total skor 102 poin.

Skor yang diraih Alan memiliki selisih yang cukup tipis dengan VIE1Vicoi. Dengan total skor 104 poin, atlet asal Vietnam tersebut menguasai posisi pertama untuk nomor pertandingan PUBG Mobile Solo.

Selain Alan, nomor PUBG Mobile Solo juga diikuti oleh empat atlet lainnya, yakni INA1Potato, INA2Jayden, INA2GenFos, dan INA2Luxxy, masing-masing berada di posisi ke-12, 21, 34, dan 51 dengan total skor akhir 75, 60, 50, dan 20 poin.

Medali perak lainnya didapatkan dari nomor pertandingan Mobile Legends yang diwakili oleh INA Alberttt, INA CW, INA R7, INA Sanz, dan INA Vyn.

Timnas Mobile Legends Indonesia melaju di babak final pada 20 Mei lalu dalam pertandingan lima game terbaik (Best of 5/BO5).

Di babak Final, timnas Indonesia berhadapan dengan Filipina. Pertarungan terjadi dengan cukup sengit.

Babak pertama berhasil didominasi oleh tim Filipina yang mengandalkan hero Xavier dan Wanwan, masing-masing dimainkan oleh PH Imam dan PH Gonzales.

Di pertandingan kedua, Indonesia sukses membalas kekalahan di babak pertama berkat permainan apik dari hero Xavier dari Sanz dan Karina milik Alberttt.

Namun, dua sesi pertarungan selanjutnya kembali dipimpin oleh Filipina. Alhasil, timnas Indonesia harus puas membawa pulang medali perak dengan total skor 1-3.

Timnas Indonesia cabor e-sports nomor CrossFire menyumbang medali perunggu untuk Tanah Air. Medali tersebut diraih setelah timnas CrossFire Indonesia kalah melawan Filipina dengan skor 0-3.

Indonesia mengikuti sesi pertandingan di babak dengan mekanisme pertandingan "Best of 5" (BO5) pada 22 Mei lalu. Permainan agresif yang dipersembahkan Filipina membuat timnas Indonesia gagal mencetak skor.

Di permainan pertama, tim yang beranggotakan Derry Alviano, Evan Jordan, Gian Kurniadi, Jason Adrian, Riddho Putra Muharam, Samuel Santosa, dan Yudi Kurniawan hanya mencetak skor 2 poin.

Sedangkan di babak kedua dan ketiga, timnas Indonesia meraih poin masing-masing 0 dan 6 poin. Perolehan poin yang diraih timnas Indonesia belum mencukupi syarat untuk mencetak skor, yakni 10 poin di setiap pertandingan.

Untuk nomor pertandingan PUBG Mobile kategori beregu (team), Indonesia mengirimkan dua perwakilan yang terdiri dari Indonesia 1 dan Indonesia 2. Dari keduanya, hanya tim Indonesia 2 yang sukses mencetak medali emas.

Tim yang beranggotakan Svavfel, Ryzen, GenFos, Luxxy, dan Jayden ini mengukir prestasi terbaik di ajang SEA Games 2021 dengan perolehan skor 163 poin. Sementara itu, tim Indonesia 1 harus puas duduk di posisi keenam dengan perolehan skor 133 poin.

Indonesia juga mengirimkan satu timnas untuk mewakili nomor FIFA Online 4. Sayangnya, tim tersebut belum bisa menyumbangkan medali di ajang SEA Games 2021, setelah gagal lolos di babak penyisihan grup.

Timnas Indonesia belum mampu menyaingi Thailand dan Singapura yang juga tergabung dalam grup B. Hasil babak penyisihan grup menunjukkan bahwa Indonesia menempati posisi terbawah, sehingga tidak dapat melaju ke babak berikutnya.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/23/11040007/daftar-game-e-sports-yang-sumbang-medali-untuk-indonesia-di-sea-games-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.