Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung dan Apple Pangkas Produksi Ponsel Tahun Ini

KOMPAS.com - Samsung dan Apple dikabarkan bakal mengurangi target produksi smartphone pada tahun 2022 ini.

Menurut salah satu media lokal di Korea Selatan, Samsung telah memangkas target produksi ponsel mereka ke angka 280 juta unit untuk 2022 ini, turun 30 juta unit dari rencana sebelumnya yang tercatat sebesar 310 juta unit.

Sementara itu, Apple juga dikabarkan "hanya" akan memproduksi sekitar 220 juta iPhone tahun ini, 20 juta lebih sedikit dari prediksi analis dan pasar yang berkisar di angka 240 juta unit.

Berdasarkan beragam laporan, pemangkasan produksi smartphone buatan Samsung dan Apple ini dipicu oleh berbagai faktor, salah satunya adalah nilai inflasi global yang terus melambung tinggi.

Karena inflasi meningkat, harga perangkat elektronik otomatis akan terkena imbasnya dan berujung pada penurunan minat konsumen untuk membeli smartphone baru.

Selain itu, kelangkaan chip dan komponen smartphone lainnya, yang dipicu oleh pandemi Covid-19, juga disinyalir masih berpengaruh pada proses produksi ponsel.

Tak ketinggalan, efek invasi Rusia ke Ukraina juga diklaim turut berkontribusi pada kekacauan di pasar smartphone global, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Senin (30/5/2022).

Apabila mengacu pada data, bukti bahwa beragam faktor ini berpengaruh pada industri smartphone bisa dilihat dalam laporan terbaru lembaga riset StrategyAnalytics di tautan berikut ini.

Di dalam laporan itu, disebutkan bahwa vendor smartphone terlaris di kuartal-I 2022, yaitu Samsung memiliki peningkatan pangsa pasar tertinggi selama lima tahun terakhir dengan porsi "kue" 24 persen, lebih tinggi dari Apple di posisi kedua dengan 18 persen.

Kendati demikian pada saat yang sama, jumlah smartphone yang dikirimkan seluruh vendor ponsel secara global justru menurun 11 persen apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Hal ini menunjukkan bahwa memang sedang terjadi penurunan pengiriman unit smartphone dari vendor-vendor ponsel yang membuatnya, terlepas dari pangsa pasar mereka yang meningkat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/30/16000017/samsung-dan-apple-pangkas-produksi-ponsel-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke