Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Copy-Paste" di Google Drive Kini Semakin Mudah

KOMPAS.com - Selama ini, pengguna Google Drive harus menyalin (copy), menempel (paste) serta memotong (cut) file atau dokumen dengan cara manual. Hal tersebut cukup memakan waktu lama dan kurang efisien.

Kini, copy-paste hingga cut file atau dokumen di Google Drive akan semakin lebih mudah. Pasalnya, Google baru saja merilis fitur shortcut atau tombol pintasan untuk Google Drive versi web.

Mekanisme shortcut pada Google Drive sama seperti cara menyalin file di komputer, yaitu dengan menekan tombol Ctrl + C atau tombol Command + C pada komputer Mac untuk menyalin.

Untuk paste, pengguna bisa menggunakan pintasan keyboard Ctrl + V dan Ctrl + X untuk memotong dokumen. Shortcut akan berfungsi jika pengguna membuka web Google Drive lewat peramban (browser) Chrome.

"Sekarang Anda dapat menggunakan shortcut keyboard yang sudah dikenal Ctrl + C, Ctrl + X dan Ctrl + V untuk menyalin, memotong dan menempelkan file Google Drive melalui browser Chrome," tulis Google dalam blog perusahaan, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Selasa (31/5/2022).

"(Fitur) Ini akan menghemat waktu Anda karena memungkinkan untuk menyalin satu atau beberapa file dan memindahkannya ke folder lain di Drive dan di beberapa tab dengan cepat," kata Google.

Menurut Google, file yang disalin juga akan mencakup tautan ke file tersebut, meskipun foldernya sudah berpindah. Begitu pula dengan judul file yang akan ditampilkan, sehingga memudahkan pengguna ketika file tersebut disertakan dalam e-mail.

Jadi, saat pengguna menyalin sebuah file ke bodi e-mail, judul file akan tertera beserta tautan file tersebut (hyperlink). Kemudian, file akan terlampir secara otomatis sebagai "attachment", sehingga penerima bisa langsung mengunduhnya.

Selain cara di atas, pengguna juga bisa memakai shortcut Ctrl + C, Ctrl + Shift + V untuk menghindari duplikasi file. Adapula dukungan pintasan Ctrl + Enter untuk membuka file atau folder pada tab baru, sehingga Anda dapat melihat beragam file yang tersimpan di folder yang berbeda.

Sudah bisa dicoba di Indonesia

Shortcut keyboard Google Drive sudah tersedia untuk semua pengguna, termasuk di Indonesia. Dukungan shortcut keyboard Google Drive juga sudah bisa dicoba oleh pengguna di Indonesia.

Judul file yang disalin itu juga menyertakan keterangan "Salinan" atau copy guna menujukkan asal dokumen tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/31/13400047/-copy-paste-di-google-drive-kini-semakin-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke