Salin Artikel

2 Cara Cek BPOM Online via Website dan Aplikasi dengan Mudah

KOMPAS.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan atau disingkat BPOM adalah lembaga pemerintah yang memiliki tugas untuk mengawasi peredaran berbagai jenis obat dan makanan, seperti kosmetik, suplemen kesehatan, pangan olahan, dan sebagainya.

Pengawasan tersebut ditujukan untuk memastikan keamanan dari seluruh produk obat atau makanan yang beredar di Indonesia, sehingga tidak merugikan dan layak untuk dikonsumsi masyarakat.

Sebelum beredar, biasanya produk obat atau makanan perlu didaftarkan dulu di BPOM. Kemudian, BPOM akan memberikan nomor registrasi pada produk tersebut sebagai tanda bahwa produk itu telah berada dalam pengawasan.

Saat telah teregistrasi dan mendapat izin edar BPOM maka produk itu bisa dikatakan layak untuk dikonsumsi. Kendati demikian, ada beberapa produk di luaran sana yang belum terdaftar BPOM.

Bahkan, sangat mungkin terdapat produk yang mengeklaim telah terdaftar BPOM, padahal sebenarnya belum. Klaim seperti ini acap kali dijumpai terutama pada produk kosmetik. Status BPOM yang dipalsukan bakal merugikan masyarakat sebagai calon konsumen.

Lantas, bagaimana cara cek BPOM asli atau palsu? BPOM sendiri telah menyediakan layanan yang memungkinkan masyarakat untuk memeriksa status registrasi dari sebuah produk.

Layanan cek BPOM itu bisa diakses dengan mudah secara online lewat situs web dan aplikasi BPOM Mobile. Bila ingin memeriksa keaslian status registrasi BPOM dari sebuah produk, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara cek BPOM online lewat situs web

  • Pada kemasan produk obat atau makanan, silakan lihat nomor registrasi BPOM yang tertera, biasanya nomor tersebut diawali dengan huruf “N” kemudian diikuti dengan angka dibelakangnya, misal “NA126571293” (tanpa tanda kutip).
  • Selanjutnya, buka laman https://cekbpom.pom.go.id/ pada browser.
  • Pada kolom “Cari Produk”, pilih opsi “Nomor Registrasi” dan masukkan nomor registrasi BPOM yang telah didapatkan sebelumnya pada kemasan produk.
  • Setelah itu, klik opsi “Cari” dan tunggu beberapa saat hingga muncul informasi terkait produk tersebut.

Informasi bakal memuat tentang tanggal terbit izin edar, jenis produk, merek, nama produk, bentuk produk, perusahaan pendaftar, dan sebagainya. Bila tidak muncul informasi ini maka kemungkinan besar status registrasi BPOM produk tersebut adalah palsu.

Selain lewat situs web BPOM, cara cek BPOM online juga bisa dilakukan lewat aplikasi BPOM Mobile, berikut ini caranya.

Selain itu, untuk mendapatkan informasi status registrasi BPOM lewat aplikasi BPOM Mobile, bisa juga dilakukan dengan memindai kode QR yang ada di kemasan produk.

Caranya, cukup klik ikon kode QR yang tertera di halaman awal aplikasi. Setelah kamera aplikasi terbuka, arahkan ke kode QR yang tertera di kemasan produk. Apabila pemindaian berhasil maka informasi status registrasi BPOM bakal muncul.

Itulah informasi seputar dua cara cek BPOM dengan mudah lewat aplikasi dan situs web, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/01/12150097/2-cara-cek-bpom-online-via-website-dan-aplikasi-dengan-mudah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.