Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sony Sebut Kamera Smartphone Bakal Lebih Bagus Dibanding DSLR dan Mirrorless

KOMPAS.com - Kualitas kamera smartphone seiring waktu terus meningkat. Bahkan tak jarang berbagai vendor smartphone sesumbar kalau kamera smartphone rakitannya mampu menawarkan kualitas yang setara kamera DSLR.

Seakan mengamini klaim para vendor,  Presiden dan CEO Sony Semiconductor Solutions (SSS), Terushi Shimizu menyebut bahwa kualitas gambar kamera smartphone akan melampaui kualitas kamera digital/profesional pada tahun 2024.

"Menurut kami, kualitas gambar statis (dari smartphone) akan melebihi kualitas kamera single-lens reflex (SLR) dalam beberapa tahun ke depan," kata Terushi Shimizu, dikutip KompasTekno dari Nikkei Japan via TechRadar, Kamis (2/6/2022).

Sony bahkan sesumbar bahwa kamera smartphone pada tahun 2024 akan melampaui kualitas kamera ILC (interchangeable lens camera) atau juga disebut kamera DSLR dan mirrorless.

Klaim itu menunjukkan bahwa teknologi pencitraan smartphone akan terus berkembang di masa mendatang. Menurut Sony, perkembangan tersebut mencakup faktor "quantum saturation" dan peningkatan pemrosesan AI.

Perusahaan asal Jepang itu juga meyakni bahwa smartphone flagship dengan ukuran sensor yang besar, akan meningkat jumlahnya di tahun 2024.

Ukuran sensor yang semakin besar, memungkinkan vendor smartphone menyematkan multi-frame processing yang akan mampu menawarkan pengalaman foto lebih baik. Misalnya, memberikan hasil foto berkualitas Super HDR atau perbesaran (zoom) yang dikombinasikan dengan teknologi folded optics dengan algoritma kecerdasan buatan (AI).

Selain itu, Sony juga menyinggung pengembangan teknologi transistor piksel dua lapis (two-layer transistor pixel) yang mampu meningkatkan dynamic range pada kamera smartphone dan mengurangi noise ketika memotret saat cahaya minim.

Selain kemajuan pada aspek foto, kualitas kamera smartphone di masa mendatang juga disebut akan meningkat untuk video.

Sony mengatakan sensor kamera smartphone di masa depan akan lebih cepat dalam memproses gambar, mendukung video kualitas 8K, pemrosesan multi-frame termasuk video HDR, dan pemrosesan video berbasis AI seperti Apple Cinematic Mode.

Sony sendiri memang tidak lagi memproduksi smartphone secara mandiri melalui merk Xperia. namun, Sony menjadi salah satu pemasok sensor kamera andalah vendor smartphone saat ini.

Menurut perusahaan riset Statista, Sony menguasai 42 persen pasar sensor pencitraan smartphone secara global. Flagship Apple iPhone 13 Pro Max juga diketahui menggunakan tiga sensor gambar Sony yakni IMX 7-series.

Tak hanya Apple, sejumlah vendor smartphone lainnya juga memakai sensor kamera besutan Sony, seperti Xiaomi hingga Oppo.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/02/18250137/sony-sebut-kamera-smartphone-bakal-lebih-bagus-dibanding-dslr-dan-mirrorless

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke