Salin Artikel

Instagram Reels Diperpanjang Jadi 90 Detik, Indonesia Sudah Kebagian

Dalam sebuah postingan di laman resmi, Meta mengumumkan bahwa video yang bisa diunggah ke Instagram Reels saat ini maksimal berdurasi 90 detik atau satu setengah menit.

Ketika pertama diluncurkan pada 2020, Instagram Reels awalnya hanya mendukung video berdurasi 15 detik saja. Kemudian, selama hampir dua tahun terakhir ini, durasi itu ditambah menjadi 30 detik, 60 detik, dan sekarang 90 detik.

“Kami akan terus menciptakan cara-cara baru untuk memudahkan para kreator dan pelaku bisnis dalam memaksimalkan kekuatan Reels," kata Putri Silalahi, Kepala Komunikasi Instagram Asia Tenggara Instagram.

"Kami berharap fitur-fitur ini bisa membantu mereka mencapai tujuan dengan lebih cepat,” lanjut Putri dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (3/6/2022).

Dengan penambahan durasi ini, Instagram Reels mengejar ketertinggalan dengan pesaingnya, TikTok.

Dalam hal durasi video pendek, TikTok bisa dikatakan lebih unggul. Sebab, per Maret 2022, jejaring sosial besutan ByteDance ini, sudah bisa mengunggah video dengan durasi maksimal hingga 10 menit.

Akan tetapi, Instagram tidak hanya punya Reels. Bila ingin mengunggah video berdurasi lebih dari 90 menit, pengguna bisa mengunggahnya sebagai konten video biasa.

Fitur baru ini tersedia di aplikasi Instagram versi 237.0.0.14.102 di ponsel Android.

Pengguna Instagram bisa menemukan durasi 90 detik dengan cara mengetuk ikon "length" ketika ingin membuat Reels di aplikasi Instagram.

Fitur baru lainnya di Reels

Bersamaan dengan penambahan durasi Instagram Reels, Meta turut mengumumkan ada tiga fitur baru yang bakal hadir ke Instagram Reels dalam beberapa minggu mendatang.

Pertama, stiker poling, kuis, dan emoji slider di Instagram Reels. Sebelumnya, ketiga stiker itu hanya tersedia untuk Instagram Stories.

Kedua, fitur untuk mengimpor audio dari ponsel. Dengan fitur ini, pengguna bisa menambahkan video Instagram Reels dengan rekaman audio yang ada di ponsel atau sudah direkam sebelumnya.

Sebelumnya, pengguna hanya bisa memilih musik dari perpustakaan Instagram atau menambahkan voice over secara langsung ketika membuat Reels.

Fitur baru ketiga yang akan hadir di Instagram Reels adalah template. Nantinya, fitur "template" memungkinkan pengguna untuk membuat Reels menggunakan struktur yang sama dengan Reels yang ditontonnya.

Pengguna tinggal klik "Use Template" (gunakan template) untuk mendapatkan urutan audio dan klip video sesuai dengan video Reels yang disukai. Setelah itu, pengguna bisa menyesuaikan template dengan konten pengguna.

Selain Instagram Reels, layanan Facebook Reels juga bakal kedatangan tiga fitur baru.

Pertama, ada fitur "Sound Sync" atau Sinkronisasi Suara. Fitur ini memungkinkan pengguna menyelaraskan video dengan irama musik yang digunakan secara otomatis. Sayangnya, fitur ini belum akan tersedia di Instagram Reels.

Kedua, bakal ada fitur membuat dan menjadwalkan Facebook Reels di desktop.

Selain melalui aplikasi Facebook di iOS dan Android, nanti pengguna juga dapat membuat, mengedit, dan mengunggah Facebook Reels dari browser web melalui Creator Studio.

Pengguna Facebook juga dapat menyetel jadwal tayang Facebook Reels dengan Creator Studio, sebagaimana dihimpun KomapsTekno dari laman resmi Meta, Jumat (3/6/2022).

Ketiga, pengguna Facebook bakal bisa membuat Reels langsung dari konten Live Streaming mereka. Kreator bakal bisa memotong klip Live mereka menjadi format 60 detik, dengan tampilan ganda untuk gameplay dan kamera kreator.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/03/19300037/instagram-reels-diperpanjang-jadi-90-detik-indonesia-sudah-kebagian

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.