Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cari Longitude dan Latitude di Google Maps buat Isi Data Alamat

KOMPAS.com - Dalam persyaratan administrasi digital, seperti untuk melamar kerja atau registrasi akun tertentu, umumnya pengguna bakal diminta untuk melengkapi beberapa data diri, termasuk alamat tempat tinggal.

Data alamat kadang tidak diisi dengan nama jalan, nomor rumah, dan nama kecamatan saja, tapi pengguna biasanya diminta pula buat memasukkan titik koordinat dari lokasi tempat tinggalnya.

Titik koordinat sendiri adalah kombinasi pertemuan dua garis khayal yang membagi bumi dalam sebuah peta, yakni Longitude (garis bujur) dan Latitude (garis lintang). Dua garis yang saling bertemu bakal membentuk titik koordinat sebagai penanda lokasi di peta.

Pada aplikasi peta dan navigasi Google Maps, pengguna juga bisa menemukan titik koordinat yang jadi penanda lokasi itu dengan mudah. Namun, mungkin tak banyak pengguna yang mengetahui di mana titik koordinat di Google Maps.

Biasanya titik koordinat di Google Maps tertera lewat beberapa format, misal format derajat, menit, dan detik (DMS), contohnya 41°24'12.2"N 2°10'26.5"E. Atau menggunakan format derajat dan menit desimal (DMM), contohnya 41 24.2028, 2 10.4418.

Selain itu, titik koordinat di Google Maps biasanya juga ditampilkan dengan format derajat desimal (DD), misalnya 41.40338, 2.17403. Titik koordinat dengan format seperti itu bisa ditemukan saat pengguna membuka Google Maps dan tengah mencari lokasi tertentu.

Setelah menemukan Longitude dan latitude di Google Maps, pengguna lalu bisa menyalinnya ke kolom pengisian data alamat. Sudah penasaran dengan bagaimana cara mencari Longitude dan Latitude di Google Maps?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mencari Longitude dan Latitude di Google Maps buat melengkapi data alamat.

Dengan cara di atas, pengguna tak perlu lagi repot untuk mencari dan mengetik ulang titik koordinat tempat tinggalnya pada kolom pengisian data alamat, sebagai syarat administrasi digital.

Perlu diketahui, cara mencari Longitude dan Latitude di Google Maps tersebut dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.5. Beda wadah untuk mengakses, mungkin bakal beda pula letak opsi dan tahapannya.

Demikian informasi seputar cara mencari Longitude dan Latitude di Google Maps buat mengisi data alamat, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/05/17150037/cara-cari-longitude-dan-latitude-di-google-maps-buat-isi-data-alamat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke