Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Beli Tiket Masuk Borobudur secara Online, Harga Mulai Rp 50.000

KOMPAS.com- Beberapa waktu belakangan ini, ramai diperbincangkan mengenai rencana pemerintah untuk menaikkan harga tiket Candi Borobudur menjadi Rp 750.000.

Pemerintah melalui Menteri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, rencana harga tiket Candi Borobudur Rp 750.000 itu ditujukan untuk membatasi jumlah pengunjung menjadi 1.200 orang per hari.

Pembatasan tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya menjaga kelestarian dari Candi Borobudur. Nantinya, kenaikan harga tiket tersebut tidak hanya berlaku bagi wisatawan lokal atau domestik, melainkan juga wisatawan mancanegara (wisman).

Luhut menuturkan, bagi wisman yang ingin naik ke Candi Borobudur, bakal dikenai biaya sebesar 100 dollar AS atau sekitar Rp 1,45 juta.

“Kami juga sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah,” kata Luhut lewat akun Instagram @Luhut.pandjaitan, pada Minggu (5/6/2022).

Kemudian, khusus untuk pelajar, Luhut menambahkan bahwa biaya naik ke Candi Borobudur adalah sebesar Rp 5.000 per orang.

Sementara itu, perlu diketahui, rencana kenaikan harga tiket ini berlaku untuk biaya naik ke Candi Borobudur. Sedangkan untuk biaya masuk ke kawasan pelataran candi, harga tiketnya akan tetap mengikuti sebagaimana yang telah berlaku saat ini.

Dilansir dari laman resmi PT TWC, perusahaan BUMN pengelola wisata Candi Borobudur, diketahui tiket masuk Candi Borobudur untuk saat ini, bisa didapat dengan harga mulai Rp 50.000 bagi wisatawan domestik.

Sementara bagi wisman, harga tiket masuknya beda lagi. Untuk lebih lengkapnya, simak daftar harga tiket masuk Candi Borobudur di bawah ini.

Daftar harga tiket masuk Candi Borobudur

Harga tiket masuk Borobudur untuk wisatawan lokal

  • Pengunjung dewasa: Rp 50.000
  • Pengunjung anak: Rp 25.000

Harga tiket masuk Borobudur untuk wisatawan mancanegara

  • Pengunjung dewasa: Rp 350.000
  • Pengunjung anak: Rp 210.000

Harga tersebut bersumber langsung dari Borobudurpark.com, platform pemesanan tiket Candi Borobudur yang dikelola PT TWC. Sementara pada platform lain, semisal Traveloka atau Tiket.com, harga tiketnya juga hampir sama dengan daftar di atas.

Bila tertarik untuk mengunjungi Candi Borobudur, wisatawan bisa memesan dan membeli tiketnya melalui Borobudurpark.com. Sebelum bisa beli tiket masuk Candi Borobudur via Borobudurpark.com, wisatawan perlu registrasi akun terlebih dahulu.

Caranya kunjungi situs web https://ticket.borobudurpark.com/, lalu klik ikon foto profil di pojok kanan halaman dan pilih opsi “Daftar”. Kemudian, isi beberapa data diri, seperti nama lengkap, status kewarganegaraan, alamat e-mail, username, dan password.

Setelah berhasil mendaftar, situs web bakal mengirim tautan ke alamat e-mail untuk memverifikasi pembuatan akun. Klik tautan itu dan mulai login akun ke situs web Borobudurpark.com.

Bila berhasil login akun ke Borobudurpark.com, silakan ikuti cara beli tiket masuk Candi Borobudur di bawah ini

Demikianlah informasi seputar cara beli tiket masuk Borobudur via Borobudurpark.com, beserta daftar harganya, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/07/10150027/cara-beli-tiket-masuk-borobudur-secara-online-harga-mulai-rp-50.000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke