Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arti 10 Istilah yang Kerap Dipakai di WhatsApp: SW, TC, PAP, dan Lainnya

KOMPAS.com - Di WhatsApp, terdapat beragam istilah atau bahasa gaul yang kerap dipakai pengguna untuk saling berinteraksi dengan lainnya. Bahasa gaul di WhatsApp yang paling umum diketahui mungkin adalah “PC”.

Istilah PC sendiri adalah singkatan dari kata Private Chat, yang mengacu pada aktivitas berkirim pesan secara personal dari satu kontak ke satu kontak lainnya. Selain PC, masih banyak lagi bahasa gaul di WhatsApp yang mungkin belum diketahui artinya.

Lantas, apa saja bahasa gaul di WhatsApp? Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan daftar istilah yang kerap dipakai di WhatsApp, sekaligus artinya.

Daftar bahasa gaul di WhatsApp

1. PC

Sebagaimana disinggung di atas, arti PC di WhatsApp merujuk pada aktivitas untuk berkirim pesan secara personal. Istilah PC biasa dipakai untuk mengajak pengguna berkirim pesan secara personal, misal “untuk konsultasi tugas, bisa PC saya”.

2. PM

PM singkatan dari Private Message. Arti PM sendiri hampir mirip dengan PC, yakni mewakili aktivitas untuk berkirim pesan secara personal.

Kendati mirip, istilah PM cenderung dipakai buat konteks obrolan jual-beli online. Contoh penggunaanya bisa seperti ini, “Nego harga bisa PM langsung di nomor WhatsApp 08485493345”.

3. TC

Arti TC (Test Contact) di WhatsApp mewakili aktivitas untuk memeriksa apakah suatu kontak WhatsApp tengah aktif atau tidak. Jika kontak WhatsApp aktif maka pesan "TC" akan menunjukkan tanda centang 2.

Sebaliknya, bila kontak tersebut tidak aktif maka pesan “TC” yang dikirim hanya akan menampilkan centang 1 saja alias tidak terkirim. Dari tanda centang atas pesan “TC” tersebut, nantinya bisa diketahui status aktif kontak WhatsApp.

4. VC

Arti VC (Video Call) di WhatsApp merujuk pada panggilan video atau Video Call bersama pengguna lain. Saat ingin melakukan panggilan video, pengguna bisa menggunakan istilah “VC”, misal “ayo kita VC saja biar lebih jelas”.

5. VN

VN singkatan dari Voice Note. Arti VN sendiri adalah aktivitas berkirim pesan suara di ruang obrolan WhatsApp. Pesan suara di WhatsApp sendiri bisa dibuat dengan menekan ikon mikrofon yang tertera di papan ketik ruang obrolan WhatsApp.

6. SW

SW singkatan dari Story WhatsApp atau Status WhatsApp. Arti SW merujuk pada status WhatsApp yang diunggah pengguna. Contoh penggunaan istilah “SW” bisa seperti ini, “kemarin aku melihat dia sedang di pantai lewat SW-nya”.

7. PAP

Arti PAP (Post a Picture) mewakili aktivitas untuk meminta pengguna lain agar mengirimkan foto dirinya. Biasanya istilah “PAP” dipakai buat mengetahui kabar aktivitas dan keberadaan terkini dari pengguna lain.

Salah satu contoh penggunaan istilah “PAP” yang kerap dipakai di WhatsApp adalah seperti ini, “Sekarang sedang di mana? Coba PAP dong”.

8. P

Istilah “P” di WhatsApp merupakan singkatan dari “Ping”. Perlu diketahui, “Ping” sendiri adalah fitur yang dulu biasa dipakai dan terdapat pada aplikasi Blackberry Messenger. Fitur tersebut dikirimkan ke pengguna lain agar segera membalas obrolan.

Jadi, arti P di WhatsApp juga merujuk pada aktivitas untuk meminta pengguna lain supaya segera membalas obrolan yang mungkin bersifat genting.

9. BC

BC singkatan dari Broadcast atau menyiarkan pesan. Arti BC sendiri merujuk pada aktivitas untuk membuat pesan ke banyak kontak sekaligus di WhatsApp. Contoh penggunaanya bisa seperti ini, “Untuk pengumumannya, nanti aku buat BC”.

10. Shareloc

Istilah Shareloc adalah singkatan dari Share Location atau berbagi lokasi. Biasanya “Shareloc” juga kerap ditulis dengan “Serlok”. Arti Sharloc sendiri merujuk pada aktivitas untuk meminta pengguna lain supaya mau berbagi lokasinya.

Adapun salah satu contoh penggunaan istilah “Shareloc” atau “Serlok” di WhatsApp adalah seperti ini, “Untuk lokasi pertemuan nanti, bisa tolong Shareloc ya”.

Itulah sepuluh bahasa gaul di WhatsApp yang kerap digunakan, beserta artinya masing-masing, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/08/12150047/arti-10-istilah-yang-kerap-dipakai-di-whatsapp--sw-tc-pap-dan-lainnya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.