Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PC Windows Wajib Pakai SSD Mulai 2023?

KOMPAS.com - Microsoft dikabarkan bakal mewajibkan seluruh vendor komputer (PC) untuk memakai media penyimpanan (storage) berjenis solid state drive (SSD) pada 2023 atau 2024 mendatang.

Persyaratan penggunaan storage tersebut berlaku bagi mereka yang menjual PC yang sudah dibekali dengan sistem operasi (OS) Windows.

Dengan kata lain, para pembuat PC harus meninggalkan storage konvensional berjenis hard disk drive (HDD) dan beralih ke SSD supaya bisa terus berbisnis di masa depan.

Kabar ini sendiri disampaikan oleh seorang analis dari lembaga riset pasar Trendforce, John Chen.

Menurut dia, Microsoft awalnya menetapkan aturan penggunaan SSD tersebut pada tahun 2022 ini. Namun karena banyak desakan dari para vendor PC, persyaratan tersebut ditunda ke tahun 2023 atau 2024.

"Vendor-vendor PC saat ini sedang bernegosiasi dengan Microsoft untuk menunda kewajiban menggunakan SSD, dan saat ini masih belum bisa dipastikan (tanggalnya) karena proses negosiasi sedang berjalan," ujar Chen, dikutip KompasTekno dari TomsHardware, Kamis (9/6/2022).

Chen melanjutkan, kewajiban penggunaan SSD ini kemungkinan juga akan bergantung pada pasar yang dituju oleh para vendor PC yang menggunakan OS Windows.

Artinya, vendor PC bisa saja memasarkan komputer dengan SSD di suatu negara, namun masih memasarkan komputer dengan HDD, atau kombinasi SSD dan HDD, di negara lainnya.

Microsoft sendiri tidak mengomentari kabar yang tersebar di dunia maya ini secara gamblang. Mereka hanya mengatakan bahwa pihaknya "tidak memiliki informasi yang bisa dibagikan terkait topik tersebut".

Meski demikan, ada dua fitur Windows 11 yang hanya bisa diaktifkan hanya di PC yang memakai storage SSD, yaitu fitur DirectStorage dan Windows Sybsystem for Android.

Namun fitur tersebut memang tidak wajib dipasang atau bisa dibilang jarang digunakan mayoritas pengguna, lantaran hanya bersifat opsional.

Selain Microsoft, vendor-vendor PC juga belum mengomentari kabar yang berseliweran ini.

Namun, mayoritas dari mereka, salah satunya Dell, mengatakan bahwa pihaknya sudah menggunakan SSD di hampir seluruh PC yang mereka buat.

Nah, jika kewajiban SSD ini benar-benar diterapkan Microsoft, maka hal ini kurang lebih akan akan serupa dengan fitur Secure Boot dan Trusted Platform Module (TPM) yang harus dimiliki sebuah komputer sebelum dipasangi dengan WIndows 11.

Adapun kewajiban pemakaian SSD tentunya akan sangat berpengaruh bagi pengalaman pengguna memakai komputer. Pasalnya, performa SSD untuk transfer data tentunya jauh lebih cepat dibanding HDD.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/09/13300087/pc-windows-wajib-pakai-ssd-mulai-2023-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.