Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melihat Teknologi Fast Charging 150 Watt di Realme GT Neo 3, Seberapa Cepat Isi Baterai?

KOMPAS.com - Realme resmi meluncurkan Realme GT Neo 3 dan GT Neo 3T di Indonesia pada Selasa, 7 Juni 2022. Dari keduanya, REalme GT Neo 3 merupakan model yang paling tinggi lantaran dibekali spesifikasi yang lebih mumpuni.

Salah satu spesifikasi Realme GT Neo 3 yang diunggulkan adalah dukungan fast charging hingga 150 watt.

Realme mengeklaim bahwa GT Neo 3 menjadi smartphone pertama yang mengusung teknologi fast charging dengan daya sebesar itu.

Realme mengeklaim, teknologi fast charging yang disebut UltraDart Charge itu mampu mengisi daya baterai GT Neo 3 yang berkapasitas 4.500 mAh dalam waktu 5 menit saja, dari sisa daya 0-50 persen.

Secara teknis Realme menggunakan beberapa teknologi agar smartphone anyarnya dapat diisi ulang dalam waktu singkat, tanpa risiko overheat (suhu terlalu tinggi).

Pertama, yaitu teknologi Dual Charge Pump Parallel Architecture, yakni teknologi yang mampu meningkatkan level konversi pengisian hingga 98,5 persen, sekaligus meredam panas yang timbul ketika proses pengisian ulang baterai.

Jadi, suhu perangkat akan tetap dijaga di bawah 43 derajat celcius ketika pengisian daya dilakukan untuk mencegah overheat.

Kedua, Realme juga menyematkan Battery Sense Voltmeter pada Realme GT Neo 3 agar ponsel mampu mendeteksi voltase baterai secara akurat. Dengan demikian, smartphone itu dapat menyesuaikan pengisian daya yang tepat selama proses pengisian ulang baterai.

Tak hanya dari aspek smartphone, adaptor charger sebagai pelengkap proses pengisian ulang baterai Realme GT Neo 3 juga dilengkapi dengan beberapa protokol pengisian cepat seperti Power Delivery (PD), Programmable Power Supply (PPS), dan Quick Charge (QC).

Untuk protokol Power Delivery, secara sederhana merujuk para perangkat yang dapat mendukung input daya 5V, 9V, 15V, 20V, atau lebih, sebagaimana dirangkum dari KompasTekno dari XDA Developers.

Kemudian protokol PPS, mencakup perangkat yang mendukung daya hingga 20V, dan untuk Quick Charge besutan Qualcomm, adalah perangkat yang mendukung daya 30V.

Dengan begitu, kepala charger Realme GT Neo 3 dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat lain yang didukung protokol tersebut, seperti Samsung Galaxy S20 atau lebih baru karena didukung protokol PPS, atau perangkat yang dikategorikan dapat menerima output hingga 18 watt.

Realme turut memerhatikan keamanan pengisian daya Realme GT Neo 3. UltraDart Charge pada Realme GT Neo 3 telah dilengkapi sertifikasi TUV Rheinland setelah dilakukan pengujian 38 lapisan perlindungan keamanan.

Ada pula Smart MCU Current Control Management untuk memutus arus listrik saat kondisi darurat serta konektor FPC ganda untuk mengurangi panas sekaligus meningkatkan efisiensi pengisian daya.

Masa pakai baterai

Menurut How To Geek, semakin cepat daya yang dihantarkan ke dalam sel baterai lithium-ion, semakin banyak pula panas yang dihasilkan. Dengan demikian, fast charging menghasilkan panas yang lebih tinggi dibanding pengisian daya standar.

Di sisi lain suhu panas yang berlebih juga dapat menurunkan umur baterai lithium-ion. Jadi, fast charging secara tidak langsung dapat menurunkan umur sel baterai lebih cepat dibanding pengisian ulang standar.

Dalam kasus Realme GT Neo 3, meski pengisian ulangnya dibuat cepat, Realme menyebut GT Neo 3 tahan dari keausan baterai setelah melalui 1.600 siklus pengisian dan pengosongan daya baterai.

Selain itu, Realme mengeklaim bahwa dalam jangka panjang, GT Neo 3 dapat mempertahankan kapasitas aslinya lebih dari 80 persen. Dengan kata lain, masa pakai baterai, kemungkinan bisa lebih tahan lama, meskipun sering menggunakan fitur fast charging.

Spesifikasi Realme GT Neo 3

Realme GT Neo 3 dilengkapi tampil dengan layar AMOLED 6,7 inci yang menawarkan resolusi Full HD+ (2412 x 1080). Layarnya didesain memiliki lubang (notch) kecil yang sekaligus menjadi rumah untuk kamera depan ponsel.

Realme juga menyertakan dukungan refresh rate 120 Hz agar navigasi berjalan mulus.

Pada aspek dapur pacu, Realme GT Neo 3 ditenagai chipset Dimensity 8100, yang merupakan chipset bikinan MediaTek dengan arsitektur 5 nm. Chip ini memiliki CPU dengan kecepatan hingga 2,85 GHz dan GPU Mali G-610 MC6.

Chip tersebut dipasangkan dengan dua opsi RAM dan penyimpanan, yaitu 8/256 GB (fast charging 80 watt) dan 12/256 GB (fast charging 150 watt).

Sayangnya smartphone ini tidak mendukung penggunaan microSD, sehingga penyimpanannya hanya dapat diperluas menggunakan cloud yang hanya bisa diakses menggunakan internet.

Soal kameranya, Realme GT Neo 3 dibekali tiga kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama 50 MP (f/1.88) yang didukung OIS dan EIS, kamera wide 8 MP dengan bidang pandang 119 derajat (f/2.25) dan kamera makro 2 MP (f/2.4).

Untuk kamera depannya, Realme GT Neo 3 menawarkan resolusi 16 MP (f/2.45) guna menunjang aktivitas swafoto maupun panggilan video.

Beralih ke daya baterainya, Realme GT Neo 3 dilengkapi baterai kapasitas 4.500 mAh dan fast charging 150 watt.

Perusahaan mengeklaim dukungan teknologi tersebut bisa mengisi daya smartphone dari 0-50 persen hanya dalam 5 menit. Pengisian ulang baterainya dapat dilakukan menggunakan USB tipe-C.

Realme juga menyediakan GT Neo 3 dengan varian baterai 5.000 mAh dan pengisian ulang cepat 80 watt. Selain daya baterai dan daya fast charging-nya, kedua smartphone ini mengusung spesifikasi yang sama.

Fitur lainnya yang turut didukung Realme GT Neo 3 yaitu konektivitas 5G, NFC, WiFi dual band, WiFi 6, Bluetooth 5.3, speaker dan mikrofon ganda serta dukungan kartu SIM ganda berjenis nano. Ada pula sensor pemindai sidik jari dalam layar untuk sistem keamanan perangkat.

Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi Android 12 dan antarmuka (UI) Realme UI 3.0. Realme GT Neo 3 tersedia di Indonesia dalam warna Nitro Blue dan Sprint White.

Harga Realme GT Neo 3

Realme GT Neo 3 mulai dijual di Indonesia awal Juni ini. Pre-order Realme GT Neo 3 dibuka mulai Selasa (7/6/2022) hingga 24 Juni 2022 di marketplace rekanan.

Adapun rincian harga Realme GT Neo 3 di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Realme GT Neo 3 150 watt 12/256 GB - Rp 7.999.000
  • Realme GT Neo 3 80 watt 8/256 GB - Rp 6.999.000

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/10/11030077/melihat-teknologi-fast-charging-150-watt-di-realme-gt-neo-3-seberapa-cepat-isi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke