Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Beli iPhone SE 3 di Indonesia

KOMPAS.com - iPhone SE 3 (generasi ketiga) atau iPhone SE 2022 bakal tersedia dan bisa dibeli di Indonesia mulai 17 Juni mendatang. Nantinya, iPhone versi murah ini dijual dengan beragam harga, bergantung dari varian kapasitas memori internal yang dipilih.

Pengguna bisa mendapatkan iPhone SE 2022 dengan harga mulai Rp 8 jutaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar harga iPhone SE 2022 di Indonesia, sebagaimana dihimpun dari laman distributor Apple iBox dan Digimap, Jumat (10/6/2022).

Harga iPhone SE 2022 di Indonesia

  • iPhone SE 3 64 GB: Rp 7.999.000
  • iPhone SE 3 128 GB: Rp 9.499.000
  • iPhone SE 3 256 GB : Rp 10.000.000

Kemudian, iPhone SE 3 bakal tersedia dalam tiga varian warna, yakni Midnight, Starlight, dan (Product) RED. Untuk pembeliannya, pengguna nanti bisa mengunjungi langsung toko fisik iBox atau Digimap. Atau, secara online lewat marketplace dari iBox dan Digimap.

Dengan harga yang tertera di atas, pengguna nantinya sudah bisa merasakan pengalaman kinerja chipset terbaru Apple A15 Bionic di iPhone SE 2022, yang sejatinya juga dipakai pada iPhone 13 series.

Perlu diketahui, seri iPhone SE dari sejak awal kehadirannya sengaja didesain Apple buat jadi iPhone yang memiliki performa tangguh, tapi harganya terjangkau. Untuk menghasilkan performa itu, seri iPhone SE biasa dibekali dengan chipset terbaru.

Dengan demikian, tak heran bila iPhone SE 3 dibekali dengan chipset terbaru, tapi dijual dengan harga yang lebih murah ketimbang iPhone 13 series. Dengan harga yang lebih murah, iPhone SE 3 mengalami beberapa penyesuaian spesifikasi dan fitur.

Dari beberapa penyesuaian, salah satu yang paling kentara adalah di bagian layar. iPhone SE 2022 masih menggunakan layar mini berbentang 4,7 inci, mirip seperti pendahulunya iPhone SE 2020 dan iPhone 8.

Tak hanya mini, tapi layar tersebut juga masih terdapat bezel di bagian atas dan bawah, bukan full touchscreen layaknya jajaran iPhone terbaru saat ini. Mungkin bagi beberapa orang, desain layar seperti itu bisa jadi kurang terasa lega.

Melihat penyesuaian tersebut, penting kiranya untuk menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli iPhone SE 3. Oleh karena itu, berikut KompasTekno rangkumkan hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli iPhone SE 3.

3 hal yang perlu dipertimbagkan sebelum membeli iPhone SE 2022

1. Layar yang lebih mini ketimbang seri iPhone Mini

Phone SE 2022 mengusung layar Retina IPS LCD dengan ukuran 4,7 inci dan resolusi HD. Layar tersebut sejatinya tidak lebih tangguh dan tentunya lebih kecil dibanding iPhone 13 model terkecil, yaitu iPhone 13 Mini dengan layar OLED 5,4 inci beresolusi Full HD.

Di samping layar yang kecil, layar iPhone SE 2022 juga masih mengadopsi desain layar yang diapit oleh bezel (bingkai) yang cukup tebal, terutama di bagian atas dan bagian bawah yang berguna untuk menghadirkan fitur Touch ID.

Hal ini berbeda dengan beragam smartphone keluaran 2022 pada umumnya, di mana kebanyakan dari ponsel tersebut mengusung layar dengan bezel yang cukup tipis untuk memberikan pengalaman visual mumpuni.

Desain layar dengan bezel tebal mungkin bakal bisa jadi "gangguan" tersendiri bagi sejumlah pengguna, misal saat ingin bermain game, menonton video, atau membaca teks yang kecil.

2. Baterai dinilai boros

iPhone SE 3 diklaim memiliki baterai yang lebih tahan dua jam lebih lama ketimbang iPhone SE 2020. Namun, terdapat pandangan lain yang mengatakan apabila baterai tersebut bisa jadi lebih boros lantaran penggunaan chipset A15 Bionic pada iPhone SE 3.

Dalam video yang mengulas iPhone SE 3 dari kanal YouTube bernama JSL Review, mereka menilai bahwa faktor ketahanan baterai iPhone SE 3 juga bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Dikatakan JSL Review, dengan adanya dukungan 5G dan peningkatan fitur kamera pada chipset A15 Bionic, bakal membuat daya tahan baterai iPhone SE 3 jadi lebih mengkhawatirkan untuk penggunaan sehari-hari.

3. Desain yang kuno

Desain yang diusung iPhone SE 3 mungkin bakal terkesan kurang segar dan terlalu “jadul” bagi sebagian pengguna. Tak usah membandingkan dengan beberapa smartphone merek lain yang banyak beredar saat ini.

Bila disandingkan dengan seri iPhone lain yang tersedia saat ini, desain iPhone SE 3 mungkin bakal tampak kuni. iPhone SE 3 sendiri mengusung desain yang telah dipakai Apple pada enam tahun lalu di iPhone 7.

Desain iPhone SE 3 mirip seperti iPhone 7, dengan terdapat Touch ID (Home Button), bezel tebal yang mengapit layar, dan menggunakan satu pengaturan kamera belakang. Desain ini jauh berbeda dengan seri iPhone lain, misal iPhone X, iPhone Xr, dan seterusnya.

Itulah tiga hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli iPhone SE 2022. Untuk informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi iPhone SE 2022, silakan cek di artikel ini “Tabel Spesifikasi iPhone SE 2022”.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/10/14150037/3-hal-yang-perlu-dipertimbangkan-sebelum-beli-iphone-se-3-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.