Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Xbox Cloud Gaming Hadir di Smart TV Samsung, Pengguna Bisa Main Game Tanpa Konsol

Layanan Xbox Cloud Gaming akan tersedia untuk jajaran perangkat smart tv Samsung edisi terbaru yang mencakup Neo QLED 8K, Neo QLED 4K, QLEDs, dan Smart Monitor Series 2022.

Xbox Cloud Gaming nantinya akan diintegrasikan secara langsung pada layanan cloud Samsung Gaming Hub yang tersedia pada perangkat.

Setidaknya terdapat lebih dari 100 jenis game populer yang bisa dinikmati, seperti game first-person shooter (FPS) Halo Infinite, A Plague Tale: Innocence, Hades, Tom Clancy’s Rainbow Six Extraction, hingga Forza Horizon 5.

"Kami sangat antusias untuk mempererat kemitraan kami dengan Xbox dengan menambahkan aplikasi Xbox ke Samsung Gaming Hub, yang sekarang memberi pengguna Samsung Smart TV akses ke ratusan game Xbox Game Pass," kata Won-Jin Lee, President and Head of the Service Business Team Samsung Electronics.

Deretan game yang tersedia bisa dimainkan menggunakan aneka jenis controller mulai dari Xbox Wireless Controller, Xbox Adaptive Controller, Elite Series 2 Controller, bahkan controller milik PlayStation 5 (PS5), yakni DualSense.

Untuk dapat mengakses beragam game yang terdapat pada Xbox Cloud Gaming, pengguna tentu perlu berlangganan Xbox Game Pass Ultimate.

Namun, pengguna juga dapat menikmati game gratis seperti Fortnite yang tidak memerlukan akses Xbox Game Pass Ultimate untuk bisa dimainkan.

Bagi pengguna baru yang hendak berlangganan Xbox Game Pass Ultimate, Microsoft menawarkan harga langganan sebesar 1 dollar AS atau sekitar Rp 14.572 untuk tiga bulan pertama.

CEO Microsoft Gaming, Phil Spencer, mengatakan bahwa kehadiran Xbox Cloud Gaming di ekosistem Smart TV Samsung dapat membuka lebih banyak peluang bagi perusahaan untuk menggaet pemain baru.

"Bekerja sama dengan Samsung telah membantu kami memberikan lebih banyak akses ke game dan memungkinkan kami untuk menyambut pemain baru ke dalam komunitas kami yang berkembang pesat," kata Spencer.

Dihimpun KompasTekno dari Samsung Newsroom, Jumat (10/6/2022), layanan Xbox Cloud Gaming dengan Samsung Smart TV akan diluncurkan di 27 negara mulai 30 Juni 2022 mendatang.

Meski belum diumumkan secara resmi, ada dugaan bahwa layanan cloud gaming ini akan menyambangi Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Jepang, dan Korea Selatan.

Masih belum diketahui secara pasti apakah layanan ini juga akan tersedia untuk smart tv Samsung di Indonesia.

Di Indonesia sendiri Microsoft baru merilis layanan Xbox PC Game Pass. Layanan berlangganan ini dibuat untuk pemain game PC, bukan Xbox.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/10/15040077/xbox-cloud-gaming-hadir-di-smart-tv-samsung-pengguna-bisa-main-game-tanpa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke