Salin Artikel

Panduan Jualan Online di Tokopedia Bagi Pebisnis Pemula

KOMPAS.com - Bagi seorang pebisnis pemula, selain harus memiliki modal yang mencukupi untuk membuka sebuah bisnis, ia harus memiliki pondasi dan ide yang inovatif untuk menghasilkan bisnis yang sukses.

Seorang pebisnis juga harus melek teknologi salah satunya mampu menggunakan aplikasi media sosial, aktif, dan memanfaatkan berbagai fiturnya.

Selain itu mendaftarkan bisnis atau toko Anda ke marketplace jadi salah satu strategi untuk memperluas jaringan pasar.

Salah satu marketplace pilihan utama seller/penjual adalah Tokopedia. Tokopedia merupakan e-commerce yang memberikan fitur dan layanan bisnis online yang dapat dimanfaatkan penjual untuk memasarkan produk-produknya.

Selain itu, Tokopedia juga memberikan panduan berjualan online bagi pebisnis pemula untuk diterapkan bagi Anda yang baru saja meranah ke bisnis online. Untuk selengkapnya berikut ini panduan jualan online yang bisa dicoba, dilansir dari tokopedia.com. 

Buat struktur bisnis

Seorang pebisnis pemula harus mengerti dan paham mengenai struktur bisnis. Membuat struktur bisnis akan memudahkan bisnis Anda lebih terorganisir dan seluruh rekan bisnis atau berbagai orang yang membantu akan mengerti tugas mereka.

Tentukan barang dan jasa yang dijual

Bingung harus berbisnis apa? Anda dapat memulai dengan mempertimbangkan hobi dan kesukaan. Pilih hobi atau kesukaan Anda yang benar-benar ditekuni dan tertarik pada bidang tersebut.

Identitas bisnis

Selanjutnya rumuskan identitas bisnis Anda, seperti nama toko. Pilih nama yang tepat untuk bisnis Anda. Pilihlah nama yang terbaik dan mencerminkan bisnis yang sedang dijalani.

Setelah menentukan nama toko, Anda dapat langsung mencari nama tersebut di Google untuk memastikan nama toko belum diambil oleh toko lain.

Mengetahui target market

Ketahui keinginan dan kebutuhan konsumen Anda. Cari tahu bagaiman cara menjangkau mereka, seperti melalui media sosial, e-mail, dan berbagai media lainnya. Kenali target pasar Anda agar dapat menentukan produk apa yang sesuai dan cocok untuk konsumen.

Membuat website

Selanjutnya adalah mulai menyusun strategi pemasaran bisnis. Salah satunya dengan membuat website dengan nama domain yang mencerminkan bisnis Anda. Memiliki website juga tak hanya memperluas jaringan pasar, namun juga memperkuat citra bisnis Anda.

Mengatur keuangan Anda

Buatlah rekening khusus untuk bisnis. Sebisa mungkin buat rekening bisnis agar keuangan pribadi dan bisnis Anda tercampur. Selain itu perhitungan keuangan bisnis menjadi lebih baik.

Daftar ke marketplace

Agar produk semakin laris dan menjangkau konsumen lebih banyak, jangan lupa untuk daftarkan bisnis Anda ke berbagai marketplace. Salah satunya di Tokopedia.

Tokopedia menyediakan berbagai fitur toko yang membuat bisnis Anda semakin kredibel dan menjangkau konsumen lebih banyak. Lantas bagaimana cara daftar marketplace di Tokopedia? Berikut ini beberapa tahapannya.

Sebaiknya upload foto produk dengan baik dan detail serta kualitas yang bagus agar menarik pembeli dan memberikan informasi yang akurat mengenai produk yang sedang dipasarkan seperti varian ukuran, warna, jenis bahan, dan lain sebagainya.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/11/17150017/panduan-jualan-online-di-tokopedia-bagi-pebisnis-pemula

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.