Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telegram Pastikan Layanan Berbayar Meluncur pada Juni

Menurut rencana, Telegram Premium akan menawarkan beragam benefit tambahan yang hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang berlangganan, seperti stiker dan animasi reaction baru yang eksklusif.

Pengguna Telegram Premium juga dijanjikan dapat mengirim file dalam ukuran yang lebih besar. Meski demikian, masih belum diketahui secara pasti seberapa besar ukuran yang dimaksud.

Sebab, sejauh ini Telegram masih memungkinkan pengguna untuk dapat mengirim file dengan ukuran maksimal hingga 2 GB, setelah diperbarui tahun 2020 lalu. Sebelum pembaruan tersebut, pengguna hanya bisa mengirim file dengan ukuran maksimal 1,5 GB.

Durov mengatakan Telegram Premium menjadi jawaban atas permintaan pengguna yang ingin mendapatkan fitur lebih dari yang ada sekarang.

Karena fitur yang lebih banyak akan menambah biaya server, maka layanan berbayar juga bisa menjadi solusi.

"Kami menyadari bahwa satu-satunya cara untuk membuat pengguna dapat tetap menikmati beragam fitur sekaligus menjaganya agar tetap gratis adalah dengan meningkatkan kualitasnya dengan menghadirkan opsi berbayar," kata Durow dalam channel Telegram-nya.

"Oleh karena itu, bulan ini (Juni) kami akan memperkenalkan Telegram Premium, layanan berbayar yang memungkinkan penggunua menggunakan fitur-fitur tambahan, kecepatan, dan sumber daya," imbuh Durov.

Pendapatan yang diraih pada layanan Premium nantinya direncanakan sebagai salah satu sumber pendanaan perusahaan, alih-alih hanya mengandalkan pemasukan dari iklan.

Lantas, bagaimana kayanan gratis sebelumnya? Durov menjamin bahwa platform bikinannya tersebut tidak sepenuhnya berubah menjadi berbayar.

Pengguna masih dapat menikmati beragam fitur yang sebelumnya sudah tersedia Telegram secara gratis, begitu pula dengan fitur-fitur lain yang akan hadir pada update berikutnya.

Pengguna Telegram gratisan juga masih akan tetap bisa menerima dan melihat dokumen, stiker, atau reactions yang dikirim oleh pengguna berbayar, meskipun pengguna gratis tidak bisa menggunakannya.

Dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Minggu (12/6/2022), Telegram Premium dipastikan akan tersedia mulai penghujung Juni 2022. Namun belum ada informasi tanggal berapa Telegram Premium akan meluncur.

Durov juga masih belum mengungkap berapa tarif yang akan dikenakan untuk layanan Telegram Premium nantinya.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/13/07000007/telegram-pastikan-layanan-berbayar-meluncur-pada-juni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke