Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PS5 Punya Fitur Mirip TikTok, Pemain Bisa Edit dan Share Video Pendek

Fitur ini terdapat di Share Factory Studio, yakni aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video langsung dari konsol.

Dengan fitur Bits, pengguna dapat membuat video pendek berupa cuplikan game yang sebelumnya telah direkam, dan dibubuhi berbagai elemen pemanis seperti TikTok.

Untuk menambah kesan menarik pada video pendek yang dibuat, Bits menyediakan sejumlah opsi editing seperti stiker animasi, teks, efek suara (sound FX), musik, voice over, doodle, hingga efek visual (visual FX).

Seperti pada opsi voiceover misalnya, pengguna bisa mengubah suara hasil rekaman menjadi layaknya seperti suara robot, chipmunk, atau efek bergema.

Sony mengeklaim bahwa proses editing di Bits dapat dilakukan dengan mudah. Sebab, pengguna hanya perlu memilih efek dan menambahkannya pada cuplikan video yang diinginkan.

Semua proses editing di Bits dapat dioperasikan menggunakan controller PS5, yakni DualSense.

Bits juga dapat digunakan di aplikasi Game Captures yang bisa diunduh secara gratis melalui PlayStation App.

Cuplikan video yang sudah diedit nantinya dapat diakses melalui smartphone dan dibagikan ke media sosial, seperti Twitter dan YouTube.

Selain menyediakan opsi untuk mengedit video, Bits juga menyajikan halaman khusus yang menampilkan hasil editan yang telah dibuat oleh pengguna PS5 lainnya.

Serupa dengan TikTok, pengguna dapat menyaksikan beragam cuplikan video di timeline, sebagai hiburan atau sekadar mencari inspirasi untuk membuat video baru.

Beragam jenis video yang terdapat pada Bits telah dikurasi berdasarkan aneka macam kategori, mulai dari Taco Tuesday, Sitcom Ending, Get Well Soon, dan Oh No Laugh.

Dengan menghadirkan Bits, Sony bermaksud untuk menambah pengalaman sekaligus menyediakan wadah untuk mengekspresikan pengalaman pemain saat sedang bermain game di PS5.

"Tujuan kami dengan Bits adalah membuatnya sangat mudah dan menyenangkan bagi para gamer PlayStation untuk membuat dan berbagi video gameplay berdurasi pendek untuk berbagi pencapaian keren, lelucon, aksi, dan jenis konten menarik lainnya," tulis Sony, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PlayStation Blog, Kamis (16/6/2022).

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/16/16000027/ps5-punya-fitur-mirip-tiktok-pemain-bisa-edit-dan-share-video-pendek

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.