Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo A16k Punya "Tombol Bulat" Mengambang di Layar seperti iPhone, Begini Pakainya

KOMPAS.com - iPhone buatan Apple dibekali dengan fitur AssistiveTouch, yang memungkinkan penggunanya bernavigasi antarmenu atau aplikasi, melalui sebuah tombol bulat virtual yang "mengambang" di layar.

Selain iPhone, berbagai ponsel Android kekinian juga kini dibekali dengan fitur serupa. Oppo A16k, misalnya, mempunyai fitur Assistive Ball yang bisa dipakai pengguna, sebagai pengganti tombol navigasi yang biasanya ada di bawah layar.

Dengan begitu, pengguna ponsel terbaru Oppo ini bisa menyembunyikan tombol navigasi itu dan membuat layar lebih lega, sekaligus mengalihkan fungsinya ke tombol berbentuk elips tersebut.

Di Oppo A16k sendiri, fungsi fitur Assistive Ball bisa diatur sesuai dengan selera. Fungsi pertama, tombol virtual ini bisa bertugas sebagai tombol navigasi seperti pengganti tombol navigasi bawah tadi.

Kemudian fungsi kedua, Assistive Ball bisa menampilkan beragam menu untuk operasi ponsel seperti penguncian layar, pengambilan screenshot, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan tombol Assistive Ball ini?

Menu-menu tesebut mencakup kembali ke menu atau aplikasi sebelumnya, menu untuk mengambil screenshot, menu untuk menampilkan aplikasi yang sedang berjalan, menu untuk mengunci layar ponsel, dan menu untuk kembali ke home screen.

Selain mengubah fungsi tombol virtual, pengguna juga bisa mengatur tingkat transparansi tampilan visual tombol tersebut melalui kolom "Opacity".

Lalu, mereka juga bisa mengaktifkan opsi "Hide in full screen" untuk menyembunyikan tombol virtual berbentuk elips ini dari layar ketika sebuah aplikasi sedang berjalan dengan layar penuh (full screen).

Jika ingin memunculkannya lagi, pengguna cukup melakukan usapan (swipe) dari ujung kanan atau kiri atas layar ke bagian bawah atau tengah layar.

Di samping bisa diatur-atur fungsi dan tampilan visualnya, tombol Assistive Ball ini juga bisa dipindahkan posisinya ke berbagai sisi layar ponsel Oppo A16k.

Untuk memindahkan posisi tombol Assistive Ball, pengguna hanya perlu menekan tombol tersebut dan memindahkannya ke sisi layar yang diinginkan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/16/16300017/oppo-a16k-punya-tombol-bulat-mengambang-di-layar-seperti-iphone-begini-pakainya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke