Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cek Tarif Tol via Google Maps di HP Android dan iPhone

KOMPAS.com - Sebagai aplikasi peta dan navigasi, Google Maps memiliki cukup banyak fitur yang memudahkan perjalanan pengguna untuk menuju suatu lokasi, salah satunya seperti tarif tol (Toll Prices).

Fitur tarif tol Google Maps sejatinya baru diperkenalkan Google pada April lalu. Berdasarkan pantauan KompasTekno, untuk saat ini, tampaknya fitur tersebut telah bisa dinikmati oleh pengguna di tanah air.

Dengan fitur tarif tol Google Maps, pengguna dapat melihat besaran biaya yang perlu dikeluarkan untuk melintasi jalan tol saat menuju lokasi tertentu. Sehingga, pengguna bisa lebih mudah untuk mempersiapkan dulu saldo pada kartu e-toll sesuai dengan kebutuhan.

Kendati bakal lebih mudah, namun perlu diingat, informasi tarif tol yang tertera di Google Maps bersifat estimasi atau perkiraan saja, yang mungkin bisa berbeda dengan kondisi di lapangan.

Dikutip dari laman resmi Google, estimasi tersebut dihasilkan Google Maps berdasar informasi dari pihak pengelola jalan tol setempat, dengan melibatkan juga perhitungan pada faktor waktu tertentu yang mungkin mempengaruhi besaran tarif tol.

Lantas, bagaimana cara melihat tarif tol di Google Maps? Supaya bisa cek tarif tol di Google Maps, pengguna perlu mengaktifkan dulu fitur ini. Berikut adalah cara mengaktifkan tarif tol Google Maps di iPhone dan HP Android.

Setelah fitur diaktifkan, keterangan tarif tol bakal langsung ditampilkan pada rute perjalanan yang telah diatur pengguna. Selain itu, keterangan tarif tol juga bisa dilihat lewat drop down menu informasi yang muncul setelah pengguna mengatur rute perjalanan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara cek tarif tol di Google Maps pada iPhone dan HP Android.

Google mengeklaim bahwa pengguna bisa melihat tarif pada sekitar 2.000 ruas jalan tol yang ada di Amerika Serikat (AS), India, Jepang, dan Indonesia. Bila belum mendapatkan fitur ini, pastikan telah memiliki versi terbaru aplikasi Google Maps.

Demikian informasi seputar cara melihat tarif tol di Google Maps pada iPhone dan HP Android dengan mudah, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/16/18150017/cara-cek-tarif-tol-via-google-maps-di-hp-android-dan-iphone

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke