Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menggunakan Offload Unused Apps buat Hemat Memori iPhone

KOMPAS.com - iPhone dengan sistem operasi iOS dibekali berbagai fitur yang memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya. Di antara berbagai fitur itu, salah satu yang mungkin cukup efisien adalah Offload Unused Apps.

Pasalnya, fitur Offload Unused Apps atau Keluarkan Aplikasi Tidak Terpakai bisa membantu pengguna untuk menghemat memori iPhone dengan mudah. Sebagian dari Anda pengguna iPhone, mungkin belum banyak yang mengetahui apa itu Offload Unused Apps.

Secara konsep, Offload Unused Apps adalah fitur untuk menghapus, melepas, atau mengeluarkan pemasangan aplikasi yang sudah tidak lagi atau jarang digunakan di iPhone. Saat fitur ini aktif, sistem operasi bakal mendeteksi intensitas pemakaian aplikasi.

Dari pendeteksian itu, sistem operasi akan mengelompokkan beberapa aplikasi di iPhone yang jarang atau sudah tidak pernah dipakai lagi oleh pengguna. Selanjutnya, aplikasi tersebut bakal dihapus atau dilepas pemasangannya dari iPhone secara otomatis.

Penghapusan otomatis itu bakal berjalan saat memori iPhone hampir penuh. Lewat Offload Unused Apps iPhone, Anda jadi tak perlu repot untuk memilih satu per satu aplikasi mana saja yang sudah tidak dipakai dan menghapusnya secara manual.

Aplikasi yang tidak dipakai atau kurang penting kadang bisa memenuhi memori iPhone. Dengan demikian, apabila fitur Offload Unused Apps diaktifkan, secara tidak langsung Anda juga bisa menghemat memori iPhone.

Perlu diketahui, fitur ini berbeda dengan Remove App (menghapus aplikasi). Remove App beroperasi dengan menghapus file aplikasi sekaligus semua data yang ada di dalamnya.

Sementara Offload Unused Apps, hanya menghapus file aplikasi dari memori iPhone, sedangkan datanya bakal tetap tersimpan. Jadi, saat aplikasi yang dihapus lewat Offload Unused Apps diinstal lagi, datanya tetap bisa dipulihkan kembali.

Bila tertarik ingin menggunakan Offload Unused Apps untuk membantu menghemat memori iPhone, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Selain cara di atas, melepas pemasangan aplikasi yang tidak terpakai juga bisa dilakukan secara manual. Caranya, klik opsi “Umum” pada menu “Settings”. Setelah itu, klik opsi “Penyimpanan iPhone” dan cari aplikasi yang tidak terpakai.

Terakhir, klik opsi “Keluarkan App” pada aplikasi tersebut. Dengan mengetuk opsi itu, hasilnya sama seperti cara di atas, yakni file aplikasi bakal dan terdapat ikon awan di logo aplikasi pada layar “home”.

Jika ingin mengunduh dan menginstal kembali aplikasi yang dihapus dari fitur Offload Unused Apps, cukup klik pada logo aplikasi yang terdapat ikon awan.

Kemudian, perlu diketahui, cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi iOS 15.5. Beda versi sistem operasi, mungkin bakal beda juga letak opsinya. Demikian cara menggunakan Offload Unused Apps di iPhone, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/18/12150017/cara-menggunakan-offload-unused-apps-buat-hemat-memori-iphone

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke