Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

WhatsApp Rilis Fitur Sembunyikan "Last Seen" dari Kontak Tertentu

KOMPAS.com - Pada April lalu, WhatsApp tengah menguji coba fitur yang memungkinkan pengguna menyembunyikan status online, alias "Last Seen" kepada kontak tertentu. Kini, fitur tersebut akhirnya resmi dirilis WhatsApp secara global.

Hal itu disampaikan WhatsApp via akun media sosial resminya, salah satunya melalui Twitter dengan handle @WhatsApp. Menurut WhatsApp, fitur ini diluncurkan guna melindungi privasi pengguna di dunia maya, terutama ketika berkomunikasi via WhatsApp.

Sebelumnya, fitur Last Seen sendiri diketahui hanya akan menyembunyikan status online dari seluruh pengguna WhatsApp.

Namun setelah fitur terbaru ini meluncur, status online akhirnya bisa disembunyikan dari pengguna WhatsApp yang tersimpan di kontak alias "My contacts", atau pengguna WhatsApp lain secara spesifik alias "My contacts except...".

Fitur menyembunyikan status Last Seen sendiri bisa diatur melalui menu "Settings" > "Account" > "Privacy" dan > "Last seen". Di sana, pengguna bisa memilih dari siapa saja status online WhatsApp akan disembunyikan, sebagaimana gambar keempat paling kanan di atas.

Selain Last Seen, fitur untuk menyembunyikan aktivitas WhatsApp dari kontak tertentu juga bisa diterapkan ke informasi foto profil alias "Profile Photo" dan laman tentang pengguna alias "About", sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Senin (20/6/2022).

Cara mengaturnya mirip dengan cara menyembunyikan status Last Seen tadi, hanya saja pengguna perlu memilih menu "Profile Photo" atau "About" di laman "Privacy", sebagaimana tampak pada gambar ketiga di atas.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/20/10343917/whatsapp-rilis-fitur-sembunyikan-last-seen-dari-kontak-tertentu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke