Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengguna iOS 16 Bakal Bisa Lewati Verifikasi "Captcha"

Dengan fitur Automatic Verification, pengguna iPhone dan iPad yang menjalankan sistem operasi iOS 16 bakal bisa melewati proses verifikasi keamanan kode CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart).

Proses verifikasi CAPTCHA ini kerap menjengkelkan dan menggangu pengalaman pengguna ketika mengunjungi situs web.

Pasalnya, pengguna diharuskan melakukan verifikasi dengan cara memasukkan kombinasi huruf dan angka, melengkapi bagian puzzle, hingga memilih foto tertentu dari kumpulan foto yang disajikan.

Nah, untuk meningkatkan pengalaman pengguna, Apple telah bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan server Content Delivery Network (CDN), seperti CloudFlare dan Fastly untuk mengembangkan fitur Automatic Verification.

Lantas, bagaimana cara kerja fitur Automatic Verification yang membuat pengguna iOS 16 bisa melewati verifikasi CAPTCHA?

Verifikasi otomatis dengan ID Apple

Biasanya, website yang berjalan di jaringan CloudFlare dan Fastly, bakal menampilkan kode CAPTCHA kepada pengguna.

Nah, alih-alih menampilkan kode CAPTCHA, situs web akan memverifikasi secara otomatis kepada sistem di ponsel, bahwa yang mengakses situs tersebut adalah manusia, bukan robot/bot.

Inilah yang dinamakan Automatic Verification atau Verifikasi Otomatis. Sebagaimana dihimpun dari MacRumors, fitur ini dapat ditemukan di "Settings" > "Password & Security > "Automatic Verification".

Apple mengatakan, iCloud akan secara otomatis dan privat memverifikasi perangkat pengguna dan akun ID Apple di latar belakang.

Jadi, situs web di jaringan CloudFlare dan Fastly bakal mendeteksi ID Apple pada ponsel pengguna. Bila terdeteksi, maka diartikan pengakses adalah manusia. Sehingga situs web bakal langsung bisa diakses pengguna, tanpa perlu memasukan kode CAPTCHA lagi.

CloudFlare dan Fastly merupakan CDN populer yang banyak digunakan oleh situs web. Ini artinya, pengguna iOS 16 kemungkinan bakal semakin jarang menemukan verifikasi CAPTCHA ketika mengakses website.

Kendati demikian, pengguna iOS 16 tetap mungkin perlu melakukan verifikasi kode CAPTCHA pada situs-situs web lain di luar jaringan CloudFlare dan Fastly.

Hadir Oktober mendatang

Perlu dicatat, untuk saat ini, sistem operasi iOS 16 baru tersedia dalam versi pengembang (developer beta).

Rencananya, versi public beta dari iOS 16 akan mulai bisa dicoba oleh pengguna iPhone pada Juli 2022. Versi final iOS 16 diperkirakan bakal dirilis secara resmi kepada publik menjelang musim gugur 2022, atau sekitar bulan September hingga Oktober.

Ini artinya, pengguna iPhone yang kompatibel dapat menikmati secara resmi fitur Automatic Verification paling tidak pada Oktober mendatang.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BGR, Selasa (21/6/2022), Apple boleh jadi menjadi pelopor yang menghadirkan verifikasi otomatis untuk memangkas kode CAPTCHA.

Namun, Apple bukan satu-satunya yang mengembangkan fitur verifikasi otomatif tersebut. Sebab, Google juga dilaporkan mengembangkan fitur serupa untuk pengguna Android. Namun, belum ada informasi lebih lanjut soal kehadiran fitur pemangkas kode CAPTCHA ini di ponsel Android.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/21/10000067/pengguna-ios-16-bakal-bisa-lewati-verifikasi-captcha-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke