Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPhone Pertama Tak Punya Fitur "Copy-Paste", Apa Alasannya?

Namun, siapa sangka, iPhone generasi pertama ternyata tak memiliki fitur yang tampak sepele namun dibutuhkan pengguna, yaitu salin dan tempel alias copy-paste.

Setelah hampir 15 tahun berlalu, mantan engineer dan perancang perangkat lunak Apple, Ken Kocienda pun akhirnya buka suara terkait hal tersebut. Bergabung dengan Apple pada 2001, Kocienda menjadi salah satu orang kunci di balik iPhone.

Kocienda mengungkapkan, alasan utama iPhone generasi pertama tak dibekali fitur copy-paste adalah karena tak ada waktu bagi para engineer Apple kala itu untuk mengembangkan dan menyertakan fitur copy-paste pada iPhone pertama.

Bila kilas balik ke belakang, iPhone sendiri dilaporkan membutuhkan waktu pengembangan selama dua setengah tahun.

Selama proses itu, para engineer Apple sibuk membuat keyboard virtual dengan sistem koreksi otomatis (autocorrect). Karena pada 2000-an, smartphone dengan layar sentuh masih langka.

Meski tak memiliki fitur copy-paste, iPhone generasi pertama tetap disebut sengai pionir smartphone karena menjadi satu-satunya ponsel yang dibekali dengan layar sentuh dan mendukung jaringan selular 2G.

Sebab, menurut Kocienda, para insinyur harus membuat pembesar teks (magnifying text loupe) dan log riwayat sentuh.

Dengan teknologi tersebut, sistem secara otomatis mendeteksi posisi jari pengguna pada milidetik setelah sentuhan terakhir, sehingga kursor tetap berada di tempat yang diinginkan pengguna.

Teknologi pembesar teks dan log riwayat sentuh inilah yang memungkinkan pengguna iPhone bisa lebih mudah memilih tulisan yang ingin disalin dan ditempel.

Apple baru resmi menyertakan fitur copy-paste secara bawaan di iPhone 3G S yang dirilis 19 Juni 2009. iPhone generasi ketiga itu yang menjalankan sistem operasi iPhone OS 3.0.

Ketika itu, fitur copy-paste menjadi salah satu fitur unggulan pada iPhone 3G S. Sehingga Apple bahkan membuat iklan TV yang menyoroti fitur baru copy-paste itu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (21/6/2022).

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/21/15000077/iphone-pertama-tak-punya-fitur-copy-paste-apa-alasannya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke