Salin Artikel

Cara Menambahkan She/Her atau He/His di Instagram Android dan iOS

Misalnya jika seorang pengguna perempuan dianggap sebagai laki-laki, mereka mungkin akan tidak nyaman dengan panggilan tersebut.

Untuk menghindari rasa ketidaknyamanan ini, Instagram menghadirkan fitur bernama Pronouns. Apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, pronouns adalah kata ganti benda atau orang.

Nah seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna menyematkan identitas, jenis kelamin, atau orientasi gender mereka tepat di sebelah kanan nama profil Instagram mereka.

Hal ini tentunya bisa dipakai untuk kepentingan pengakuan identitas atau gender seorang pengguna.

Nantinya, pengguna akan bisa melihat panggilan atau kata ganti orang apa yang sesuai dengan identitas mereka seperti he/his/him untuk laki-laki, atau she/her/hers untuk perempuan.

Adapun keterangan panggilan atau kata ganti tersebut akan muncul di halaman profin dan berwarna abu-abu.

Dengan begitu, pengguna Instagram lainnya dapat mengetahui bahwa akun Instagram yang sedang dilihat milik perempuan atau laki-laki.

Lantas, bagaimana cara menambahkan julukan she/her atau he/his di aplikasi Instagram Android dan iOS? 

  • Pertama-tama, buka aplikasi Instagram dan kunjungi laman profil Instagram dengan mengeklik tab "Profile" yang terletak di pojok kanan bawah tampilan utama Instagram.
  • Lalu, klik tombol "Edit profile" ketika laman profil pengguna sudah dimuat seutuhnya.
  • Kemudian, pilih kolom "Pronouns" yang berada di atas kolom "Username" dan "Website".
  • Di tampilan selanjutnya, masukkan kata ganti orang yang diinginkan. Perlu dicatat, kata ganti orang yang bisa dipakai harus kata ganti orang atau pronouns dari bahasa Inggris dan pengguna maksimal bisa memasukkan hingga empat pronouns.
  • Setelah selesai memasukkan pronouns, pengguna bisa mengaktifkan opsi "Show to Followers Only". Opsi ini bisa diaktifkan untuk menyembunyikan kata ganti orang atau panggilan mereka dari akun Instagram yang bukan menjadi teman alias "pengikut" atau followers mereka.
  • Apabila semuanya sudah selesai, pengguna mengeklik tombol "Centang" di pojok kanan atas untuk menerapkan pembaruan pronouns.

Penting untuk diketahui bahwa istilah, julukan, atau identitas pronouns yang bisa dipakai di Instagram bisa beragam sesuai dengan perkembangan internet.

Selain she/her/hers atau he/his/him, pengguna juga bisa memasukkan kata ganti orang lainnya yang tidak merujuk kepada laki-laki atau perempuan.

Di antaranya seperti they/their/theirs, xe/xem/xyrs, ey/em/eirs, e/em/ems, fae/faer/faers, dan masih banyak lagi.

Pilihan pronouns yang tersedia sendiri sudah ditentukan oleh Instagram dan untuk saat ini tampaknya hanya sebatas kata ganti orang dari bahasa Inggris saja, atau berasal dari aneka identitas unik di internet. 

Dengan kata lain, apabila ada pengguna ingin memasukkan pronouns dari bahasa Indonesia seperti "Aku", "Dia', "Saya", dan lain sejenisnya, maka mereka terpaksa harus menambahkannya melalui kolom "Bio" di laman "Edit profile" tadi.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/22/09150077/cara-menambahkan-she-her-atau-he-his-di-instagram-android-dan-ios

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.