Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Explore IG Tiba-tiba Berubah? Ini Penjelasan Instagram

KOMPAS.com- Sejumlah pengguna Instagram (IG) di Indonesia mengeluh konten yang muncul di tab Explore di aplikasi Instagram mereka berubah. Tidak hanya di Indonesia, sejumlah pengguna Instagram di negara lain juga merasakan hal serupa.

Mereka menduga sistem atau algoritmanya telah direset oleh Instagram, seperti baru membuat akun.

Berbagai keluhan tersebut tertuang di media sosial Twitter. Menurut beberapa pengguna, konten yang ditampilkan di laman Explore IG sudah tak sesuai lagi dengan preferensi konten yang mereka sukai.

Alih-alih konten yang mereka lihat selama ini, pengguna mengaku laman Explore Instagram mereka menampilkan konten yang jauh dari preferensi mereka. Misalnya, Explore Instagram berubah jadi pemandangan, konten dari bidang fotografi, dan lain sebagainya.

Padahal, sebelumnya konten-konten tersebut tidak muncul karena bukan preferensi pengguna.

Lantas, kenapa explore Instagram tiba-tiba berubah?

Penjelasan Meta soal Explore IG yang berubah

Menurut Meta, perusahaan induk yang menaungi Instagram, pihaknya memastikan bahwa tidak ada masalah atau bug di laman Explore Instagram.

Namun, mereka mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan sejumlah pembaruan di Instagram baru-baru ini.

"Pada minggu ini, Instagram ada pembaruan beberapa fitur untuk (algoritma) 'Rekomendasi', sehingga proses pembaruan bisa mempengaruhi pengguna yang (aplikasi) Instagram-nya belum diperbarui," jelas juru bicara Meta ketika dihubungi KompasTekno, Rabu (22/6/2022).

Untuk pengalaman maksimal tanpa adanya masalah atau ketidaksesuaian konten, juru bicara Meta tersebut mengimbau pengguna untuk segera memperbarui aplikasi Instagram mereka melalui toko aplikasi di platformnya masing-masing.

"Jadi, pastikan pengguna sudah pakai aplikasi Instagram yang paling baru di App Store (iOS) atau Play Store (Android) untuk pengalaman terbaik," imbuh juru bicara Meta.

Berubah karena Reels?

Sebelumnya, ada dugaan lain mengapa Explore IG berubah, yakni akibat munculnya rekomendasi Reels.

Seperti diketahui, konten yang ada di tab Explore kini memang tak hanya dipenuhi dengan foto atau video yang diposting di Instagram Feed, melainkan konten video pendek ala TikTok, alias Instagram Reels juga.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, mayoritas konten Reels yang kami lihat di laman Explore terkesan tidak sesuai dengan konten yang biasa ditelusuri kami di Instagram. Sebagai contoh, sebelumnya Explore Instagram kami banyak memuat konten kucing, berita, gadget, gaming, dan lain sebagainya.

Kini, justru kami melihat beberapa konten Reels yang memang berkaitan dengan pemandangan, alam, mobil, dan lain sebagainya, meski kami tidak pernah menelusuri konten-konten semacam itu.

Meski demikian, beberapa konten lainnya, seperti konten foto dan video Instagram Feed, masih sesuai dengan minat kami, walaupun tidak sebanyak yang kami harapkan.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Distractify, Selasa (21/6/2022), masalah penampilan konten di laman Explore yang terkesan direset ini kabarnya hanya bersifat sementara.

Pengguna pun konon bisa menerapkan berbagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah menginstal ulang Instagram atau mematikan dan menyalakan (restart) ponsel mereka masing-masing.

Selain itu, pengguna juga bisa menggulir (scroll) layar mereka ketika menelusuri tab Explore, dan konten-konten yang tampil di bagian bawah laman tersebut diklaim bakal sesuai dengan minat alias kemauan pengguna.

Fungsi fitur Explore Instagram

Seperti diketahui, laman Explore Instagram biasanya menampilkan aneka konten, baik itu postingan foto atau video Instagram Feed, yang sesuai dengan aktivitas/minat pengguna atau konten yang ditelusuri mereka di Instagram.

Artinya, jika pengguna menyukai atau sering menuliskan komentar di postingan yang melibatkan hewan peliharaan macam kucing, maka laman Explore IG mereka mayoritas bakal diisi dengan foto atau video kucing.

Itu sebabnya, pengguna Instagram cukup kesal mendapati konten di Explore mendadak berubah. Sebab, banyak konten yang mereka sukai "hilang".

Dulu, Explore Instagram hanya dijejali konten dari unggahan Feed, IG TV, dan Shop. Sejak Reels resmi hadir di Indonesia, Explore Instagram juga menampilkan banyak konten Reels.

Adapun konten yang disuguhkan kebanyakan berasal dari akun yang sesuai preferensi pengguna, meskipun tidak diikuti (follow).

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/22/11150057/kenapa-explore-ig-tiba-tiba-berubah-ini-penjelasan-instagram

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke