Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sony Siapkan Sensor Kamera 100 MP untuk Ponsel Menengah

KOMPAS.com - Sony dilaporkan sedang mengembangkan sensor kamera smartphone dengan resolusi 100 MP.

Alih-alih untuk flagship, sensor kamera dengan resolusi tinggi tersebut justru ditujukan untuk smartphone kelas menengah dan menengah atas. Kabar itu dibeberkan salah satu pembocor (tipster) gadget, Digital Chat Station,

Sensor 100 MP ini kemungkinan akan menjadi bagian dari seri Sony IMX8, yang memulai debutnya dengan sensor IMX800 54 MP dan disematkan pada Honor 70 series.

Sayangnya Digital Chat Station tidak memberikan rincian lebih lanjut terkait spesifikasi teknis sensor 100 MP itu. Namun disebutkan bahwa sensor itu akan lebih besar dari kamera 64 MP 1/2 inci yang sudah beredar.

Melansir GSMArena, sensor baru Sony itu kemungkinan bukan lah yang terbesar. Sebab, Sony kabarnya sedang menggarap IMX9 series yang diduga lebih mumpuni untuk menyaingi sensor kamera dari kompetitor, seperti Samsung yang memiliki sensor kamera 108 MP.

Adapun Samsung sudah meluncurkan sensor 108 MP sejak tiga tahun lalu.

Baru-baru ini, raksasa teknologi Korea Selatan itu memamerkan sensor Isocell HP1 200 MP yang kemungkinan akan disematkan ke smartphone Motorola Edge 30 Ultra dan Galaxy S23 Ultra.

Samsung juga kabarnya sedang merancang sensor kamera lain, yang lebih besar dari Isocell GN2 50 MP, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (22/6/2022).

Kamera smartphone semakin moncer

Seiring dengan meningkatnya kualitas kamera smartphone, Sony memprediksi bahwa kamera perangkat tersebut akan menyaingi DSLR dan mirrorless pada tahun 2024. Hal ini disampaikan oleh Presiden dan CEO Sony Semiconductor Solutions (SSS), Terushi Shimizu.

Menurut Shimizu, kualitas gambar kamera smartphone akan melampaui kualitas kamera digital/profesional pada tahun 2024.

"Menurut kami, kualitas gambar statis (dari smartphone) akan melebihi kualitas kamera single-lens reflex (SLR) dalam beberapa tahun ke depan," kata Terushi Shimizu, dikutip KompasTekno dari Nikkei Japan via TechRadar.

Sony bahkan sesumbar bahwa kamera smartphone pada tahun 2024 akan melampaui kualitas kamera ILC (interchangeable lens camera) atau juga disebut kamera DSLR dan mirrorless.

Klaim itu menunjukkan bahwa teknologi pencitraan smartphone akan terus berkembang di masa mendatang.

Menurut Sony, perkembangan tersebut mencakup faktor "quantum saturation" dan peningkatan pemrosesan AI. Perusahaan asal Jepang itu juga meyakni bahwa smartphone flagship dengan ukuran sensor yang besar, akan meningkat jumlahnya di tahun 2024.

Ukuran sensor yang semakin besar, memungkinkan vendor smartphone menyematkan multi-frame processing yang akan mampu menawarkan pengalaman foto lebih baik.

Misalnya, memberikan hasil foto berkualitas Super HDR atau perbesaran (zoom) yang dikombinasikan dengan teknologi folded optics dengan algoritma kecerdasan buatan (AI).

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/22/18000047/sony-siapkan-sensor-kamera-100-mp-untuk-ponsel-menengah

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.