Salin Artikel

Google Docs Kini Bisa Dikomentari dengan Emoji Reactions, Begini Caranya

KOMPAS.com - Fitur emoji reactions atau reaksi menggunakan emoji sudah diadopsi oleh sejumlah perusahaan media sosial seperti Telegram dan WhatsApp.

Google juga mengadopsi fitur tersebut. Akan tetapi, fitur reactions di Google bukan hadir di aplikasi pesan instan. Alih-alih, reactions hadir di Google Documents atau juga disebut Google Docs.

Fitur reactions di Google Docs terbilang cukup baru. Fitur ini dirilis bulan April lalu ke pengguna terbatas, namun kini telah disebar ke lebih banyak pengguna, termasuk di Indonesia.

Google Docs sendiri merupakan program berbasis cloud, yang dapat menyimpan dokumen secara otomatis di Google Drive. Karena berbasis cloud, setiap pengguna yang mendapatkan akses ke dokumen tersebut dapat meninjau atau mengeditnya.

Dengan hadirnya fitur emoji reactions, pengguna yang mendapatkan akses ke dokumen Google Docs dapat menambahkan beragam emoji sebagai bentuk tanggapan atau ekspresi tentang konten dalam dokumen terkait.

Fitur ini sendiri menurut Google merupakan alternatif untuk menunjukkan ekspresi dalam bahasa yang tidak kaku ketika Google Docs dapat diakses lebih dari satu orang.

"Fitur emoji reactions memberikan alternatif yang tidak begitu formal untuk berkomentar guna menunjukkan ekspresi tanggapan Anda terkait konten dokumen," kata Google dikutip KompasTekno dari blog perusahaan.

Menurut keterangan Google, fitur emoji reactions tersedia secara default atau otomatis dan tidak dapat dihapus.

Emoji reactions juga tersedia untuk pengguna Google Workspace Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Standard dan Enterprise Plus.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/24/07050097/google-docs-kini-bisa-dikomentari-dengan-emoji-reactions-begini-caranya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.