Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Poco F4 Resmi Meluncur, Pakai Chip Serupa Poco F3

KOMPAS.com - Vendor ponsel sub-merek Xiaomi, Poco resmi meluncurkan smartphone terbarunya, Poco F4 untuk pasar global.

Seperti namanya, ponsel ini merupakan model lain dari Poco F4 GT yang sudah meluncur lebih dulu pada April lalu.

Secara hierarki, Poco F4 berada di bawah Poco F4 GT. Sebab, chipset yang dipakai adalah Snapdragon 870, alih-alih Snapdragon 8 Gen 1.

Seperti diketahui, System-on-Chip (SoC) buatan Qualcomm tersebut juga dipasang di ponsel Poco generasi sebelumnya, yaitu Poco F3, yang dirilis pada Maret 2021.

Meski chipset-nya sama, Poco F4 tentunya dibekali dengan berbagai peningkatan dari pendahulunya, bahkan "saudaranya" sendiri Poco F4 GT.

Salah satunya adalah fitur penstabil gambar optik alias Optical Image Stabilizer (OIS) di kamera utama Poco F4 yang beresolusi 64 MP (f/1.8).

Poco mengeklaim bahwa ponsel tersebut merupakan ponsel pertama dari Poco yang dibekali dengan fitur OIS.

Selain kamera utama 64 MP, di punggung Poco F4 juga terdapat dua kamera lain, yang masing-masing beresolusi 8 MP (f/2.2, ultrawide) dan 2 MP (f/2.4, macro).

Di bagian depan ponsel tersebut, terdapat kamera selfie beresolusi 20 MP (f/2.5, wide) untuk menunjang kegiatan swafoto.

Secara desain, Poco F4 mengadopsi layar AMOLED 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz.

Layar ponsel yang dilindungi dengan kaca Gorilla Glass 5 ini memiliki tingkat kecerahan maksimal hingga 1.300 nits, dan mendukung fitur penunjang visual seperti HDR10+ dan Dolby Vision.

Untuk sektor performa, chipset Snapdragon 870 tadi dipadukan dengan dua opsi RAM dan penyimpanan, yaitu 6/128 GB dan 8/256 GB.

Di segi daya, kapasitas baterai Poco F4 identik dengan Poco F3, yaitu 4.500 mAh. Hanya saja, dukungan kecepatan pengisiannya ditingkatkan menjadi 67 watt, alih-alih 33 watt.

Dengan pengecasan secepat itu, Poco mengeklaim baterai ponsel ini bisa diisi penuh (0-100 persen) hanya dalam waktu 38 menit.

Fitur pendukung lainnya mencakup pemindai sidik jari (fingerprint) yang sudah dibenamkan di tombol power, dual speaker berteknologi Dolby Atmos, serta X-axis linear motor untuk menunjang fitur getaran (vibration).

Pada sektor software, ponsel ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dilapisi dengan tampilan antarmuka MIUI 13, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (24/6/2022)

Di pasar global, Poco F4 dijual dengan harga 400 euro (sekitar Rp 6,2 juta) untuk varian 6/128 GB atau 450 euro (sekitar Rp 7 juta) untuk varian 8/256 GB.

Terkait peluncuran global, kanal media sosial resmi Poco Indonesia, salah satunya di Instagram dengan handle @poco_id, juga tampaknya telah memastikan kehadiran ponsel tersebut di Tanah Air.

Dalam sebuah postingan video singkat yang dihiasi dengan tulisan "Fearless", mereka mengonfirmasi bahwa Poco F4 bakal diluncurkan di Indonesia secara virtual di kanal YouTube Poco Indonesia pada 30 Juni 2022 mendatang pada pukul 18.30 WIB.

Belum diketahui harga dan varian Poco F4 mana yang bakal dipasarkan di Indonesia. Kita nantikan saja minggu depan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/24/09470507/poco-f4-resmi-meluncur-pakai-chip-serupa-poco-f3

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.