Salin Artikel

Sama-sama Game Open World, Ini Bedanya Game "Tower of Fantasy" dan "Genshin Impact"

Tahap CBT kedua ini mengajak pengguna Android dan PC di Tanah Air untuk menjajal dan memberikan saran atau timbal balik (feedback) guna pengembangan game tersebut.

Adapun tahap CBT kedua akan digelar selama kurang lebih enam hari, yaitu mulai tanggal 21-26 Juni 2022.

Sekilas, tampilan visual dan gameplay game terbaru Hotta Studio ini mirip dengan game serupa bikinan Hoyoverse yaitu Genshin Impact.

Sebab, kedua game ini mengusung dunia terbuka (open world) yang cukup luas, yang tentunya bisa ditelusuri oleh pemainnya secara bebas. Kualitas visual di kedua game tersebut juga bisa dibilang jempolan.

Bedanya, tema atau setting tempat yang diusung Tower of Fantasy adalah fiksi ilmiah alias science fiction.

Artinya, pemain akan bisa menelusuri dunia yang dipenuhi dengan berbagai senjata canggih, bangunan futuristik, hingga aneka teknologi modern di masa depan.

Sementara Genshin Impact mengusung dunia yang lebih tradisional, seperti penggunaan kekuatan magis, serta latar cerita tentang budaya dari tempat-tempat yang dikunjungi pemain. 

Selain dunianya yang berbeda, Tower of Fantasy juga memiliki sejumlah perbedaan dengan Genshin Impact. Apa saja?

Hal-hal yang bisa diubah mencakup baju, fitur wajah seperti mulut, warna mata, hidung, warna rambut, dan lain sebagainya.

Pemain Genshin Impact juga bisa memilih jenis kelamin karakter yang akan dimainkan, namun, pemain tidak bisa mengubah penampilan karakter yang mereka pilih.

Pemain juga diizinkan untuk memilih tiga senjata dan mereka bisa berganti senjata ketika di dalam pertarungan.

Sementara itu, jenis senjata di Genshin Impact akan "menempel" di satu karakter saja. Adapun karakter utama di game tersebut hanya bisa menggunakan senjata pedang saja.

Sistem battle dan elemen

Untuk sistem pertarungan (battle), Tower of Fantasy dan Genshin Impact memiliki satu persamaan, yaitu membasmi musuh yang ada di depannya menggunakan senjata yang dipegang.

Meski demikian, sistem battle atau pertempuran di Tower of Fantasy lebih menekankan ke fitur senjata, alih-alih elemen atau "Reactions" di Genshin Impact.

Sebenarnya game ini memiliki sejumlah elemen seperti Physical, Fire, Ice, dan Lightning. Namun, hal yang berpengaruh dalam besar kerusakan atau damage yang diberikan kepada musuh lebih ditekankan kepada fitur atau jenis senjata.

Masing-masing elemen tersebut akan memiliki reaksi berbeda apabila digunakan atau digabungkan dengan elemen lainnya dalam pertarungan melawan musuh.

MMORPG vs RPG

Beralih ke mekanisme bermain, Tower of Fantasy dan Genshin Impact sama-sama bisa dimainkan di platform Android, iOS, dan PC.

Kedua game ini kompak memiliki fitur Cross Play yang memungkinkan pemain dari platform berbeda bisa berpetualang bersama.

Meski demikian, karena Tower of Fantasy merupakan game MMORPG, pemain otomatis akan lebih leluasa bertemu dengan pemain lainnya secara online secara langsung dalam satu dunia.

Genshin Impact sebenarnya juga memiliki fitur multiplayer yang memungkinkan pengguna bermain bersama temannya secara online.

Bedanya, pemain Genshin Impact hanya bisa bertemu pemain lain di beberapa fitur game saja seperti melawan monster, menyelesaikan misi atau quest, dan lain sebagainya.

Kendati keduanya sama-sama mengusung tema open world, setting atau suasana tempat yang dipakai berlawanan satu sama lain, yaitu kekuatan magis dan budaya versus kecanggihan teknologi.

Selain itu, karakter dan mekanisme bermain Tower of Fantasy, yang menggunakan mode gonta-ganti senjata, berbeda dengan Genshin Impact yang fokus dalam menggunakan elemen, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Realsport101.com, Jumat (23/6/2022). 

Selain itu, fitur multiplayer di Tower of Fantasy juga akan terasa lebih "nyata" lantaran game ini bergenre MMORPG, berbeda dengan Gensin Impact yang hanya bergenre RPG tetapi dibumbui dengna fitur multiplayer.

Lantas, lebih bagus mana? Tower of Fantasy atau Genshin Impact? Jawabannya tentu kembali kepada selera dan minat pemain.

Yang jelas, kehadiran Tower of Fantasy, yang akan dirilis global sekitar kuartal-III atau Juli-September 2022, bakal menambah suasana baru di dunia game RPG online, terutama di perangkat Android dan iOS.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/24/14020097/sama-sama-game-open-world-ini-bedanya-game-tower-of-fantasy-dan-genshin-impact-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.