Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spotify Rilis Fitur "Live Events", Pengguna Bisa Cari Jadwal dan Tiket Konser Musisi Idola

Fitur ini sudah bisa dinikmati oleh para pengguna, termasuk di Indonesia. Fitur Live Events ini sebelumnya bernama Concert Hub. Bedanya, Concert Hub hanya menyajikan jadwal konser musisi saja.

Sementara dengan fitur Live Events, selain pengguna bisa dengan mudah mencari tiket konser idolanya, pengguna juga akan mendapat sejumlah rekomendasi acara musik atau konser yang bisa dikunjungi sesuai dengan kebiasaan pengguna mendengarkan musik. 

Misalnya, apabila pendengar menyukai lagu dari salah seorang musisi, maka informasi terkait konser atau acara dari musisi tersebut dikirim kepada pengguna melalui sebuah notifikasi.

Untuk mempermudah proses pembelian tiket, Spotify juga masih menggandeng beberapa vendor tiket online seperti Ticketmaster, AXS, DICE, Eventbride, dan See Tickets.

“Kami berpikir dengan adanya Live Events ini dapat menjadi kesempatan untuk mempermudah dan meringankan beban penggemar, mengurangi persaingan yang dihadapi musisi-musisi, dan membuat pemasaran lebih efisien,” ujar Product Manager Live Events Discovery, Sam Sheridan, dikutip KompasTekno dari blog Spotify, Jumat (24/6/2022).

Selain itu, melalui halaman Live Events ini Spotify juga akan merekomendasikan konser atau acara musik yang lokasinya dekat dengan pengguna.

Sebagai contoh, pengguna yang berada di daerah “Jakarta Pusat”, akan menerima jadwal acara di seputar lokasi yang tidak terlalu jauh dari lokasi pengguna.

Spotify juga meluncurkan fitur perpesanan (messaging tool) yang memungkinkan penggemar mendapatkan notifikasi ajakan untuk datang ke acara musik idola mereka.

Rekomendasi tersebut juga diperoleh berdasarkan kebiasaan dari lagu yang diputar pendengar.

Dalam hal ini pengguna diberikan kontrol dan kebebasan untuk memilih jenis pemberitahuan yang diinginkan, bisa diumumkan melalui email, notifikasi di dalam perangkat (push notification), atau bahkan keduanya.

Menurut pihak Spotify, kerja sama ini ditujukan untuk membantu industri musik agar dapat lebih berkembang. Apalagi seperti yang diketahui, pandemi Covid-19 juga membuat industri musik kesulitan membuat acara atau konser.

Beberapa kasus yang sering ditemui adalah musisi dari berbagai kalangan harus menunda acara konser secara langsung (live music) karena harus menghindari kerumunan.

“Kami memahami betapa pentingnya acara live di industri musik, dan betapa sulitnya acara live berlangsung selama pandemi. Kembalinya live events ini juga akan membuat pendengar senang melihat idolanya kembali hadir. Kami (Spotify) pikir ini adalah waktu yang tepat untuk perusahaan mendukung lebih jauh industri ini,” jelas Senior Director Live Events Spotify, René Volker.

Seperti dikatakan sebelumnya, fitur Live Events ini juga sudah tersedia untuk pengguna di Indonesia. Untuk mencari jadwal konser dan tiket yang bisa dibeli, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. 

Ketika membuka aplikasi Spotify di desktop ataupun smartphone, pengguna dapat mengeklik kolom “Search”. Setelah itu, akan muncul kolom untuk membuka fitur “Live Events” ini.

Klik kolom “Live Events”, kemudian pengguna akan melihat berbagai informasi acara musik dari sejumlah musisi.

Pengguna tinggal memilih musisi yang ingin ditonton untuk lanjut ke proses pembelian tiket. Nantinya, pengguna akan diarahkan ke situs pembelian tiket untuk melakukan pembayaran.

Fitur ini tidak hanya hadir dalam Spotify versi mobile saja, tetapi juga dapat diakses melalui Spotify versi web. Untuk mendapatkan informasi seputar acara musik, pengguna harus memiliki akun Spotify terlebih dahulu.

Pengguna juga dapat menyalakan notifikasi yang berbentuk lonceng di kanan atas aplikasi, untuk mendapatkan informasi terkini dari jadwal acara/konser musik yang akan dilaksanakan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/24/16000077/spotify-rilis-fitur-live-events-pengguna-bisa-cari-jadwal-dan-tiket-konser

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke