Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Khaby Lame Pengguna TikTok dengan Follower Terbanyak di Dunia

Jumlah tersebut mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, yakni Charlie D’ Amelio yang saat berita ini ditulis, berjumlah 142,3 juta.

Di usianya yang baru menginjak 22 tahun, Khaby telah dikenal seluruh belahan dunia melalui konten komedinya. Khaby Lame mulai dikenal sejak tahun lalu, sejalan dengan jumlah pengikutnya yang juga semakin meningkat.

Video pertamanya di TikTok diunggah setelah ia kehilangan pekerjaannya sebagai pekerja pabrik, akibat pandemi Covid-19. Akhirnya, ia memutuskan untuk tinggal bersama orang tuanya di Chivasso, Italia.

Seperti kebanyakan kreator, Khaby Lame pernah membuat konten menari, menonton video game, atau konten komedi. Setelah itu, Khaby mulai menyajikan konten reaksi tentang “life hacks” yang absurd dengan gaya sindiran.

Seketika konten tersebut mendapat banyak penonton dan tanda suka. Salah satu gayanya yang paling khas adalah ekspresi muka datar seperti putus asa sambil mengangkat bahu.

“Saya mendapatkan ide (konten) karena saya melihat video-video ini beredar (di TikTok). Saya menyukai ide (yang Khaby lakukan) ini untuk menghadirkan kesederhanaan,” jelas Khaby, sebagaimana dikutip KompasTekno dari CNN Business, Sabtu (25/6/2022).

Khaby juga menambahkan bahwa dirinya mencari tahu bagaimana cara menjangkau sebanyak mungkin orang untuk menonton kontennya. Lalu, ia menemukan cara bahwa dengan tidak berbicara adalah cara yang terbaik.

Andalkan ekspresi wajah

Hal itulah yang akhirnya melekat dengan dirinya sampai saat ini. Khaby dikenal sebagai kreator yang memiliki pesona tidak pernah berbicara. Ia hanya mengandalkan ekspresi wajah dan gerakan tubuhnya saja.

Contoh lainnya, ekspresi Khaby dengan mengulurkan telapak tangan yang menghadap ke atas, seolah seperti ingin mengatakan “duh” sebagai bentuk dari perasaan bingung. Humor yang diciptakan ternyata mampu membuat para pengguna dan fansnya bertahan.

Sekarang konten yang disajikan mengalami perubahan. Kreator asal Afrika ini lebih berfokus pada sandiwara komedi bisu. Perubahan tersebut tetap saja membuatnya dapat meraup banyak penonton dan Likes.

Tidak hanya itu, para fans juga mendukung dirinya menuju puncak melalui komentar positif agar terus berkarya dan menghasilkan video-video lucu.

Kini, ekspresi wajah yang ikonik tersebut sudah menjadi “meme” lucu yang beredar di dunia maya.

Hanya ingin buat orang tertawa

Kendati demikian, Khaby sendiri belum memberi komentar apa pun terkait dirinya yang kini menjadi pengguna TikTok yang paling banyak diikuti di dunia.

Namun, pada wawancara yang dilakukan tahun lalu, Khaby mengatakan bahwa unggahan video yang di-posting selama ini tidak ditujukan untuk mencari ketenaran.

“Saya tidak peduli apakah saya di peringkat pertama, kedua, atau keempat paling populer di TikTok. Saya mulai membuat video karena saya ingin membuat orang tertawa di masa lockdown (waktu itu),” tambah Khaby.

Pencapaiannya selama ini juga membuat dirinya senang karena keinginannya untuk menghibur banyak orang dapat tercapai.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/25/09072927/khaby-lame-pengguna-tiktok-dengan-follower-terbanyak-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke