Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tombol “Caption” Hadir di Video Twitter

Kehadiran tombol CC ini diumumkan oleh Twitter melalui akun resminya, Jumat (24/6/2022).

“Pilihan ada di tangan Anda: tombol closed caption kini tersedia untuk semua (pengguna) iOS ataupun Android,” tulis Twitter melalui cuitannya.

Pada dasarnya, tombol “caption” yang baru ini ditujukan agar pengguna Twitter bisa lebih leluasa dan bebas memilih apakah akan memunculkan/mematikan subtitle atau keterangan audio dalam bentuk teks.

Kendati demikian, tombol ini tidak akan selalu muncul di seluruh konten video. Hal ini dikarenakan tombol CC yang tersedia bukanlah fitur yang menyediakan caption secara otomatis.

Pembuat konten video harus terlebih dahulu membuatkan caption untuk video-nya. Setelah itu, tombol CC baru dapat muncul dan digunakan oleh penonton konten.

“Tombol itu hanya akan muncul di video dengan teks (CC) yang sudah tersedia, dan tidak terikat dengan sistem teks otomatis,” jelas juru bicara Shaokyi Amdo, dikutip KompasTekno dari The Verge, Sabtu (25/6/2022).

Kreator video di Twitter dapat menambahkan caption dengan mengunggah file caption dengan format .SRT melalui Media Studio library.

Oleh karena itu, diharapkan para kreator video ke depannya bisa menambahkan caption ke dalam videonya. Agar memudahkan pengguna untuk menonton video, bila sedang dalam keadaan tidak bisa menggunakan suara.

Tampilan tombol "CC"

Berdasarkan pengumuman Twitter, seluruh perangkat dari berbagai kalangan kini dapat menikmati fitur tersebut. Akan tetapi, terdapat perbedaan tampilan fitur tombol CC di ponsel dengan versi desktop.

Tampilan tombol CC pada smartphone akan berada pada kanan atas. Seperti yang diketahui, video di Twitter akan diputar secara otomatis tanpa suara. Saat otomatis terputar, pengguna dapat mematikan atau menyalakan tombol CC sesuai keinginan.

Namun, setelah konten video tersebut diklik untuk memperbesar ukuran layar video, ikon CC tersebut hilang. Sehingga pengguna harus kembali ke tampilan luar video untuk dapat menemukan tombol CC lagi.

Sementara versi desktop, pengguna akan menemukan tombol CC bersebelahan dengan ikon pengaturan suara, di kanan bagian bawah.

Berbeda dengan versi perangkat, ketika video diklik untuk memperbesar ukuran video (full screen), pengguna tetap dapat menemukan tombol CC di kanan bawah.

Pengguna yang menggunakan aplikasi Twitter versi desktop mengalami minim masalah dibandingkan pengguna yang mengakses aplikasi menggunakan perangkat.

Hal ini dikarenakan perusahaan masih tahap pengembangan sehingga masih terjadi beberapa masalah. Contohnya, teks yang dinyalakan terkadang tidak muncul dan ketika pengguna ingin menyalakam caption hal itu malah membekukan (pause) video.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/25/10181687/tombol-caption-hadir-di-video-twitter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke