Salin Artikel

Xiaomi 12 Ultra Kapan Dirilis, Lei Jun Beri Jawaban yang Mengejutkan

KOMPAS.com - CEO Xiaomi Lei Jun belum lama ini memberikan kabar yang bisa membuat para penggemar Xiaomi alias Mi Fans terkejut.

Pasalnya, ia mengonfirmasi bahwa model teratas dari Xiaomi 12 Series, yang digadang-gadang bakal bernama Xiaomi 12 Ultra, dibatalkan alias tidak jadi dirilis ke publik.

Pengumuman ini disampaikan Lei Jun dalam sebuah balasan komentar yang tertuang di unggahan akun resmi Xiaomi di sebuah media sosial asal China.

Unggahan ini sendiri berisi tentang tanggal peluncuran Xiaomi 12S, 12S Pro, dan 12S Ultra yang rencananya bakal digelar pada 4 Juli mendatang.

Adapun balasan komentar yang dituliskan Lei Jun merespons pertanyaan seorang pengguna yang penasaran terkait perbedaan Xiaomi 12 Ultra dan Xiaomi 12S Ultra.

Pertanyaan tersebut, begitu juga jawaban Lei Jun yang berbahasa Mandarin, bisa disimak di gambar screenshot berikut ini. Akun Lei Jun sendiri adalah akun yang ditandai dengan logo "V" dengan latar belakang berwarna merah.

"Xiaomi 12 Ultra dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1. Ponsel tersebut tadinya dijadwalkan bakal dirilis sekitar Maret atau April kemarin, namun kami akhirnya tidak jadi merilisnya ke publik," tulis Lei Jun menjawab pertanyaan seorang pengguna.

Lei Jun tak menyebut alasan mengapa pihaknya memutuskan untuk membatalkan Xiaomi 12 Ultra.

Namun meski batal meluncur, ia mengatakan bahwa Xiaomi Fans bisa menantikan smartphone lainnya yang setara dengan Xiaomi 12 Ultra, yaitu Xiaomi 12S Ultra.

"Untuk pengalaman penggunaan yang lebih baik, kami meningkatkan kemampuan Snapdragon 8 Gen 1 dan berkolaborasi dengan Leica untuk turut meningkatkan performa kamera selama berbulan-bulan. Pengalaman ini bisa didapatkan di Xiaomi 12S Ultra," imbuh Lei Jun.

Bocoran spesifikasi Xiaomi 12S Ultra

Dengan tak adanya Xiaomi 12 Ultra, Mi Fans otomatis harus melirik Xiaomi 12S Ultra, apabila mereka ingin meminang ponsel flagship Xiaomi tercanggih saat ini.

Secara spesifikasi, Xiaomi 12S Ultra sendiri konon bakal dibekali dengan hardware yang mumpuni, belum lagi fitur kamera yang ditingkatkan berkat kolaborasi dengan perusahaan lensa kenamaan Leica.

Jika mengacu pada rumor yang tersiar di internet, Xiaomi 12S Ultra mengusung layar AMOLED 6,7 inci berteknologi LTPO dengan resolusi Quad HD Plus dan refresh rate 120 Hz.

Pada sektor fotografi, ponsel ini dikabarkan bakal memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 48 MP, dan kamera telefoto "periskop" 48 MP.

Kabarnya, kamera belakang pada ponsel dengan sistem operasi Android 12 dengan tampilan antarmuka (UI) khas MIUI 13 ini juga bakal ditemani dengan sensor ToF dan Laser Auto-Focus, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizchina, Kamis (30/6/2022).

Nantinya, modul kamera belakang sendiri konon bakal dibubuhi dengan logo khas "Leica" untuk menunjukkan bahwa kamera ponsel ini sudah mengadopsi sistem atau software termutakhir dari Leica.

Meski demikian, bagian ini disebut tak lagi dibekali dengan layar sekunder mungil seperti di Mi 11 Ultra. Sebelumnya, layar ini bisa menampilkan informasi jam dan bisa digunakan sebagai "kaca" untuk berswafoto dengan kamera utama.

Beralih ke aspek lainnya, untuk menunjang performa, ponsel tersebut disinyalir bakal ditenagai dengan Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang turut dipadukan dengan RAM LPDDR5 hingga 12 GB, serta media penyimpanan UFS 3.1 hingga 512 GB.

Sedangkan untuk aspek daya, Xiaomi 12S Ultra dikabarkan bakal dibekali dengan baterai 4.800 mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat via kabel dengan daya 67 watt dan nirkabel dengan daya 50 watt.

Belum diketahui apakah rumor terkait spesifikasi Xiaomi 12S Ultra ini akurat atau tidak. Kita tunggu saja.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/30/10280007/xiaomi-12-ultra-kapan-dirilis-lei-jun-beri-jawaban-yang-mengejutkan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.