Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Galaxy XCover6 Pro Resmi Dirilis, Ponsel 5G Tangguh Terbaru dari Samsung

Tak hanya tangguh dari aspek fisiknya, smartphone ini juga diklaim menawarkan performa yang andal melalui Snapdragon 778G dan RAM 6 GB.

"Kami menciptakan seri Galaxy XCover Pro untuk mengakomodasi perangkat mobile yang cukup kuat menghadapi kerasnya bisnis di garda depan bagi perusahaan," kata KC Choi, EVP and Head of Global Mobile B2B Team, MX Business, Samsung Electronics, dikutip KompasTekno dari Samsung Newsroom, Kamis (30/6/2022).

Samsung menyematkan sejumlah fitur dan kemampuan di Galaxy XCover 6 Pro yang dapat membantu pengguna bekerja atau beraktivitas di luar ruangan, khususnya kondisi ekstrem. Mulai dari sertifikasi MIL-STD-810H8 untuk ketahanan di berbagai kondisi, IP68, hingga baterai yang bisa dilepas-pasang.

Smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan dukungan konektivitas 5G. Selain itu, Galaxy XCover6 Pro juga mendukung fitur Samsung DeX, untuk menghubungkan ponsel ke komputer atau laptop, yang berguna bagi pekerja di perusahaan.

Spesifikasi Samsung Galaxy XCover6 Pro

Galaxy XCover6 Pro menggunakan layar 6,6 inci dengan resolusi Full HD dengan refresh rate hingga 120 Hz.

Samsung menyematkan fitur Touch Sensitivity yang mampu meningkatkan sensitivitas layar saat disentuh, meskipun pengguna menggunakan sarung tangan atau saat kondisi hujan.

Berbeda dengan XCover seri lainnya seperti XCover5, desain punggung Galaxy XCover6 Pro tampak seperti smartphone pada umumnya dengan sudut diagonal tanpa siku.

Meski demikian, hal ini tak mengubah konsep XCover6 Pro sebagai smartphone yang tangguh. Sebab, Samsung membekalinya dengan sertifikasi MIL-STD-810H8, IP68 untuk ketahanan dari air dan debu, hingga pelindung layar Corning Gorilla Glass Victus+.

Seperti diketahui, sertifikasi MIL-STD-810H menunjukkan bahwa XCover6 Prololos uji ketangguhan lingkungan kerja yang ekstrem, dan tahan benturan hingga ketinggian 1,5 meter.

Sejumlah sertifikasi itulah yang menjamin Galaxy XCover6 Pro tahan terhadap cuaca ekstrem, tahan jatuh, dan risiko lainnya yang mungkin timbul saat perangkat digunakan untuk bekerja di luar ruangan (outdoor).

Beralih ke aspek dapur pacu, smartphone ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 778G yang didesain dengan arsitektur 6 nm. Chip ini memiliki CPU delapan inti (octa-core) dengan clock-speed hingga 2,4 GHz dan GPU Adreno 642L.

Chip itu dikombinasikan dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Galaxy XCover6 Pro juga mendukung penggunaan kartu microSD untuk memperluas penyimpanannya hingga kapasitas 1 TB.

Untuk daya tahannya, smartphone ini dibekali baterai berkapasitas 4.050 mAh yang dapat dilepas pasang. Adapun pengisian ulangnya dapat dilakukan menggunakan USB tipe-C.

Samsung menjanjikan pembaruan keamanan hingga lima tahun dan pembaruan antarmuka (UI) OneUI sampai empat tahun.

Fitur lainnya yang turut melengkapi Galaxy XCover6 Pro yaitu dapat difungsikan sebagai walkie-talkie melalui fitur push-to-talk serta menjadi perangkat pemindai kode QR menggunakan Knox Capture.

Ponsel ini juga mendukung konektivitas 5G, WiFi 6e, Bluetooth 5.2, pemindai sidik jari, pengenal wajah seapkerr berteknologi Dolby Atmos, hingga NFC.

Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi (OS) Android 12 dan hanya tersedia dalam warna hitam.

Harga Samsung Galaxy XCover6 Pro

Galaxy XCover6 Pro akan tersedia mulai Juli 2022 di pasar tertentu di seluruh Eropa, Asia, dan Timur Tengah. Samsung menyatakan ketersediaannya akan diperluas ke wilayah lain pada waktu mendatang.

Belum ada informasi apakah Galaxy XCover6 Pro bakal dipasarkan di Indonesia. Yang jelas, Xcover5 masuk ke Indonesia dengan harga Rp 4 juta.

Sayangnya harga smartphone ini belum diumumkan oleh Samsung, meskipun Galaxy XCover6 Pro sudah muncul di situs Samsung Jerman.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/30/12500027/galaxy-xcover6-pro-resmi-dirilis-ponsel-5g-tangguh-terbaru-dari-samsung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke