Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arti 5 ATM yang Ada di Smartwatch dan Jam Tangan

Lantas, apa sebenarnya arti 5 ATM yang ada di smartwatch atau jam tangan itu?

Keterangan "5 ATM" merujuk pada fitur kedap air. Lebih spesifik, "ATM" merupakan singkatan dari "Atmosphere" (atmosfer), yang mewakli peringkat/rating dari ketahanan air sebuah smartwatch atau jam tangan.

Rating ATM menunjukkan seberapa besar tekanan atmosfer statis yang dapat ditangani oleh perangkat ketika berada di dalam air. Sebagaimana rating IP yang ada di kebanyakan smartphone, rating ATM juga memiliki beberapa level.

Rating 1 ATM misalnya, artinya tekanan rata-rata di permukaan laut, tepatnya di luar air. Jadi, smartwatch atau jam tangan dengan rating ATM itu tidak boleh dipakai di dalam air. Lalu, bagaimana dengan level lain, seperti 3 ATM, 5 ATM sampai 10 ATM yang ada di spesifikasi smartwatch atau jam tangan?

Ragam level rating ATM

Secara umum terdapat beberapa level rating ATM, yakni mencakup 1 ATM hingga 20 ATM. Berikut rinciannya:

Arti rating 3 ATM

Perangkat dengan rating 3 ATM artinya tahan dari percikan air atau tahan dari tekanan atmosfer yang setara dengan kedalaman 30 meter. Jadi, perangkat yang didukung 3 ATM tidak dapat diajak berenang. Akan tetapi dapat bertahan ketika terkena air hujan atau cipratan air.

Smartwatch atau jam tangan 3 ATM juga bisa Anda pakai sembari mandi, jika Anda merawatnya dengan baik. Namun sebaiknya praktik itu hanya dilakukan saat perangkat masih cukup baru, mengingat segel penahan air akan aus seiring waktu.

Arti rating 5 ATM

5 ATM menunjukkan bahwa jam tangan atau smartwatch tahan tekanan yang setara kedalaman 50 meter. Perangkat dengan sertifikasi ini juga dapat bertahan dari cipratan air dan akan tetap berfungsi ketika digunakan di kamar mandi, kolam renang atau snorkeling di laut.

Arti rating 10 ATM

Jam tangan atau smartwatch yang mendukung sertifikasi 10 ATM artinya tahan air dan tekanan atmosfer yang setara dengan kedalaman 100 meter.

Dengan kata lain, smartwatch itu dapat digunakan untuk aktivitas ringan seperti berenang, snorkeling dan menyelam. Namun tidak dianjurkan untuk olahraga air yang ekstrem, seperti cave diving, arung jeram, dan sejenisnya.

Arti rating 20 ATM

Level ini menunjukkan bahwa perangkat mampu bertahan dari tekanan yang setara dengan kedalaman 200 meter.

Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, dengan dukungan ini, smartwatch atau jam tangan Anda bisa diajak untuk berolahraga air cukup ekstrem seperti scuba diving.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/04/11000077/arti-5-atm-yang-ada-di-smartwatch-dan-jam-tangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke