Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Bikin “Baca Selengkapnya” di WhatsApp buat Prank Teman Tanpa Aplikasi Tambahan

KOMPAS.com - Prank atau berbuat jahil ke teman mungkin bisa jadi hiburan tersendiri. Salah satu cara prank teman yang dapat dicoba adalah mengirim pesan atau chat WhatsApp dengan memanfaatkan fitur Read More.

Read More WhatsApp atau Baca Selengkapnya WhatsApp merupakan fitur bawaan yang berfungsi untuk memenggal satu chat dengan jumlah karakter yang terlalu panjang.

Ketika terdapat kiriman satu chat panjang, WhatsApp bakal langsung menyematkan tulisan “Read More” atau “Baca Selengkapnya” di antara pesan tersebut. Saat tulisan itu diklik, pengguna bakal dapat membaca keseluruhan isi chat yang terpenggal.

Dengan kata lain, apabila tulisan Baca Selengkapnya WhatsApp tidak diklik maka pengguna tak bakal bisa melihat isi keseluruhan chat. Ini dikarenakan sebagian chat tersebut disembunyikan di bawah tulisan Baca Selengkapnya WhatsApp.

Isi pesan chat yang disembunyikan di bawah tulisan Read More WhatsApp itulah yang bisa dijadikan bahan buat usil ke teman. Untuk membuat prank ini, Anda tak perlu repot membuat chat WhatsApp dengan karakter yang panjang terlebih dahulu.

Chat dengan Read More bisa dibikin melalui layanan yang disediakan situs web tanpa aplikasi tambahan. Adapun salah satu contoh situs web pembuat teks Read More WhatsApp adalah Dardura.com.

Di situs tersebut, Anda hanya perlu membuat teks pembuka dan teks yang ingin disembunyikan di Read More. Selanjutnya, situs web bakal mengonversi rangkaian teks tersebut untuk disalin dan dikirim ke WhatsApp.

Sudah penasaran dengan bagaimana cara membuat tulisan Baca Selengkapnya di WhatsApp? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara membuat tulisan Baca selengkapnya di WhatsApp tanpa aplikasi tambahan.

Anda bisa mengirim pesan WhatsApp dengan teks di awal yang tampak seolah penting untuk prank teman, padahal penjelasan berikutnya yang terdapat di Baca Selengkapnya hanya bersifat gurauan.

Perlu diketahui, situs web tersebut bekerja dengan menambahkan kode tertentu untuk mengubah teks agar terbaca sebagai Read More di WhatsApp. Selain Dardura.com itu, Anda juga bisa memanfaatkan situs web ini https://yi-jiayu.github.io/whatsapp-spoilers/.

Di situs web itu, cara kerjanya mirip dengan Dardura.com. Anda juga perlu memasukkan teks pembuka dan teks kedua yang ingin disembunyikan di bawah Read More WhatsApp. Selanjutnya, hasil konversi tinggal disalin ke kolom obrolan di WhatsApp.

Prank teman dengan cara ini mungkin cukup menghibur, tapi sayang fitur pembuat teks Read More WhatsApp tidak dapat digunakan pada ponsel berbasis iOS (iPhone).

Saat selesai membuat chat dengan situs web itu dan dikirim ke iPhone, tulisan tidak bakal terbaca sebagai Read More. Di iPhone, chat tersebut tetap terbaca sebagaimana Anda tulis aslinya.

Sebagai informasi tambahan, cara di atas sendiri dijajal pada WhatsApp versi web. Sejauh percobaan yang dilakukan, selain WhatsApp web, teks yang diubah jadi Read More juga bisa terbaca di aplikasi WhatsApp pada ponsel berbasis Android.

Kemudian, penting diingat, pesan prank hendaknya dibuat untuk tujuan hiburan saja, bukan untuk menipu yang sampai merugikan pihak lain. Demikian cara membuat tulisan Baca Selengkapnya di WhatsApp untuk prank teman, selamat mencoba.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/04/14150087/cara-bikin-baca-selengkapnya-di-whatsapp-buat-prank-teman-tanpa-aplikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke