Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Arti IP68 dan IP67 di Smartphone dan Bedanya?

IP sendiri adalah singkatan dari Ingress Protection atau International Protection. IP rating merupakan peringkat yang menunjukkan tingkat perlindungan dari benda padat dan cair dari suatu perangkat.

Jadi sebenarnya pengertian IP rating itu bukan hanya tingkat perlindungan dari air dan debu, tetapi mencakup benda cair dan padat.

IP rating biasanya diikuti oleh dua angka di belakangnya. Angka pertama menunjukkan tingkat (1-6) perlindungan dari partikel padat seperti debu atau kotoran lainnya.

Adapun angka kedua menunjukkan seberapa banyak cairan (level 1-8) yang dapat ditangkal oleh perangkat tanpa merusak komponen lainnya.

Semakin tinggi angkanya, tentu semakin baik dalam hal perlindungan perangkat, baik dalam menangani partikel padat maupun cair.

Apa itu IP67 dan IP68?

Sertifikasi IP rating yang banyak dimiliki smartphone saat ini ada;ah IP67 dan IP68. Lantas apa bedanya dan mana yang lebih unggul?

Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Selasa (5/7/2022), perangkat seperti smartphone yang didukung dengan peringkat atau sertifikasi IP67, artinya perangkat tersebut mampu bertahan dalam air hingga satu meter dalam 30 menit dan kedap debu.

IP68 juga tahan dari debu, namun, menawarkan ketahanan dalam air alam waktu lebih lama dibanding IP67 yaitu sampai kedalaman 1,5 meter dalam 30 menit.

Sebab, IP68 yang merupakan peringkat tertinggi saat ini, tidak akan dapat bertahan jika direndam dalam air laut atau air yang mengandung klorin, karena akan menimbulkan masalah.

Segel karet yang melindungi smartphone dengan IP68 juga akan melemah seiring waktu, sehingga mengurangi ketahanannya terhadap air.

Segel tersebut dapat terkikis jika smartphone terkena tumpahan kopi misalnya, minuman ringan, atau minuman keras.

Dengan demikian, sebaiknya pengguna menjaga smartphone-nya agar tetap kering meskipun didukung oleh sertifikasi IP tinggi. Sebab peringkat tersebut diuji dalam laboratorium, bukan di dunia luar/nyata sebagaimana pemakaian pengguna.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/05/19300017/apa-arti-ip68-dan-ip67-di-smartphone-dan-bedanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke