Salin Artikel

5 Tips Berguna agar HP Samsung Makin Mudah Dipakai

Di dalam Samsung OneUI, terdapat aneka fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mempermudah pengoperasian ponsel.

Beberapa kemudahan yang ditawarkan tersebut bisa terdiri dari menampilkan informasi tambahan di layar ponsel, atau mengaktifkan beberapa fungsi perangkat melalui gestur tangan dan lain sebagainya.

Nah, kali ini KompasTekno akan menjabarkan lima fitur OneUI yang bisa mempermudah pengguna untuk mengoperasikan ponsel bermerek Samsung. Apa saja? Yuk, simak daftarnya berikut.

Perlu dicatat, KompasTekno menggunakan ponsel Samsung Galaxy A53 5G dengan OneUI 4.1 untuk mencoba dan menjajal fitur-fitur ini.

Meski demikian, ada kemungkinan fitur-fitur ini juga tersedia di ponsel Samsung lainnya yang memiliki versi OneUI berbeda.

1. Menampilkan subtitle atau Live Caption

Pernah kesal dengan film berbahasa Inggris yang tidak memiliki teks di bawahnya alias subtitle? Nah dengan OneUI, Anda tidak perlu lagi takut akan hal tersebut.

Pasalnya, ponsel Samsung dengan OneUI punya fitur Live Caption yang bisa menampilkan subtitle berbahasa Inggris dari suatu konten atau film. Bagaimana cara mengaktifkannya?

  • Fitur Live Caption bisa diaktifkan melalui menu "Settings" > "Accessibility" > "Hearing enhancements" > dan "Live Caption".
  • Di laman selanjutnya, aktifkan "tuas" alias toggle "Use Live Caption" ke sebelah kanan, sehingga statusnya berubah menjadi "On".

Apabila sudah aktif, konten video berbahasa Inggris nantinya bakal dibekali dengan subtitle secara otomatis, tentunya apabila didukung oleh Live Caption.

Perlu dicatat, fitur ini hanya bisa berfungsi untuk bahasa Inggris saja. Sehingga jika Anda menonton film berbahasa Indonesia, fitur ini tak akan berjalan sama sekali.

2. Bernavigasi menggunakan gestur jari

Ponsel Samsung dengan OneUI dibekali dengan fitur navigasi via gestur jari alias swipe gestures.

Dengan fitur ini, Anda tak perlu lagi mengandalkan tombol navigasi virtual yang biasanya ada di bagian bawah layar ponsel. Langkah-langkah mengaktifkan fitur ini bisa disimak dalam cara berikut:

  • Pertama-tama, pergi ke menu "Settings" > "Display" > dan pilih menu "Navigation bar".
  • Pada halaman "Navigation bar", pilih opsi "Swipe gestures" untuk menghilangkan tombol navigasi yang ada di bagian bawah layar ponsel.

Apabila sudah mengaktifkan fitur ini, Anda lantas bisa melakukan usapan layar alias swipe gestures untuk bernavigasi antar menu di dalam ponsel.

Untuk kembali ke home screen, misalnya, Anda hanya perlu melakukan swipe gesture dari bawah atas layar, kemudian untuk kembali ke tampilan selanjutnya (back), Anda hanya perlu melakukan swipe gesture dari kanan ke tengah layar.

3. Mengaktifkan fitur One-handed mode

Ponsel Samsung dengan OneUI punya fitur One-handed mode yang bisa mempermudah pengguna memakai atau mengoperasikan ponsel hanya dengan satu tangan. Fitur ini bisa diaktifkan dengan cara sebagai berikut:

  • Kunjungi menu "Settings" > dan "Advanced features".
  • Di tampilan selanjutnya, pindahkan toggle "One-handed mode" ke sebelah kanan untuk mengaktifkan fitur One-handed mode.

Ketika aktif, tampilan mode satu tangan di OneUI bisa diaktifkan dengan cara melakukan swipe gesture ke arah bawah pada tombol Home yang ada di deretan tombol navigasi ponsel.

Anda juga bisa mengaktifkan fitur One-handed mode dengan cara mengetuk tombol Home sebanyak dua kali. Kedua cara pengaktifan One-handed mode ini bisa dipilih secara manual dengan cara sebagai berikut:

4. Mengaktifkan sejumlah fitur utama ponsel pakai gestur dan gerakan

Ponsel Samsung dengan OneUI memiliki fitur Motion and Gestures yang bisa mempermudah pengguna mengoperasikan ponsel hanya dengan gerakan atau gestur tangan saja.

Beberapa fungsi yang bisa dipicu melalui fitur ini bisa diaktifkan dengan cara mengunjungi menu "Settings" > "Advanced features" > dan "Motion and gestures".

Di halaman Motion and gestures, Anda bisa mengaktifkan beberapa fungsi ponsel dengan gestur atau gerakan dengan cara memindahkan toggle di masing-masing fungsi ponsel yang tersedia dari kiri ke kanan.

Beberapa fungsi ponsel yang bisa dipicu dengan fitur Motion and gestures mencakup:

5. Mengaktifkan Smart Lock

Ponsel Samsung dengan OneUI dibekali fitur Smart Lock. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan layar ponsel tidak akan terkunci ketika sedang digenggam atau berada di sekitar pemiliknya.

Untuk mengaktifkan fitur Smart Lock, Anda hanya perlu pergi ke menu "Settings" > "Lock Screen" > dan "Smart Lock".

Di tampilan selanjutnya, masukkan nomor PIN ponsel dan klik tombol "Got It" yang berada di pojok kanan bawah tampilan, sebagaimana gambar paling kanan di atas.

Beberapa saat kemudian, Anda akan disuguhkan dengan tiga opsi yang bisa memudahkan Smart Lock mendeteksi keberadaan pengguna, di antaranya mencakup:

  • On-body detection: mengizinkan ponsel mendeteksi genggaman pengguna
  • Trusted places: menambahkan tempat atau lokasi terpercaya yang sering dikunjungi
  • Trusted devices: menambahkan perangkat yang dimiliki 

Ketiga opsi tersebut bisa diaktifkan atau diatur lebih lanjut dengan cara mengekliknya satu per satu di tampilan "Smart Lock", sebagaimana tampak pada gambar di sebelah kiri di atas.

Ketika On-body detection aktif, maka layar ponsel tidak akan terkunci, sehingga Anda tak perlu repot-repot memasukkan nomor PIN atau menggunakan sidik jari (fingerprint) untuk membuka kunci perangkat.

Hal yang sama juga akan dirasakan ketika pengguna berada di tempat yang sering dikunjungi atau tempat favorit yang sudah ditambahkan tadi, atau ponsel sedang berada dekat dengan perangkat lainnya yang pengguna miliki yang sudah ditambahkan tadi pula.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/07/16330097/5-tips-berguna-agar-hp-samsung-makin-mudah-dipakai

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.