Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Cara Bikin Kupon Kurban Iduladha 2022 di Microsoft Word dengan Mudah

KOMPAS.com - Tak terasa sebentar lagi umat muslim bakal merayakan hari Iduladha atau yang biasa disebut juga dengan hari raya Kurban. Pemerintah lewat Kementerian Agama telah menetapkan Iduladha 2022 jatuh pada Minggu (10/7/2022).

Untuk memperingati Iduladha 2022, umat muslim umumnya bakal menggelar ibadah salat bersama. Kemudian, dilanjut dengan penyembelihan hewan kurban, seperti sapi dan kambing.

Setelah melakukan proses penyembelihan, daging hewan kurban itu akan dibagikan ke golongan-golongan tertentu yang berhak mendapatkan sesuai ajaran Islam.

Dalam pembagian daging tersebut, panitia penyembelihan hewan kurban biasa melakukannya melalui berbagai cara. Yang paling umum, pembagian dilakukan dengan menggunakan sistem kupon.

Sebelum melangsungkan proses penyembelihan hewan kurban, panitia di masjid atau di tempat lain biasanya akan membagikan dulu kupon pengambilan daging ke beberapa orang tertentu yang berhak.

Setelah itu, kupon nantinya bisa ditukar untuk mengambil daging hewan kurban yang telah disembelih. Kupon kurban Iduladha itu umumnya berbentuk fisik kertas dengan terdapat keterangan nomor pengambilan atau identitas penerima daging.

Di lingkup masyarakat, penggunaan kupon kurban Iduladha sendiri ditujukan supaya pembagian daging bisa berjalan kondusif. Dengan adanya nomor pengambilan atau identitas penerima di kupon itu, dapat meminimalisir orang agar tidak saling berebut.

Sementara itu, untuk membuat kupon kurban Iduladha dengan keterangan nomor pengambilan atau identitas penerima, caranya cukup mudah.

Anda yang kini mungkin jadi panitia penyembelihan hewan kurban bisa membuat kupon kurban Iduladha secara mudah, hanya dengan memanfaatkan aplikasi desktop pengolah kata Microsoft Word.

Aplikasi yang kerap disebut juga dengan Word itu memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan untuk membuat kupon kurban Iduladha. Beberapa fitur tersebut antara lain seperti Table dan Shapes.

Sebagaimana umum diketahui, Table di Word sendiri berfungsi untuk membuat susunan kotak tabel di dokumen. Sedangkan Shapes, merupakan fitur untuk membuat bentuk bangun datar (persegi atau bulat) di dokumen.

Lewat dua fitur itu, Anda bisa menyusun format kupon yang dipakai untuk membagikan daging hewan kurban, dengan menyisipkan nomor pengambilan atau identitas penerima. Bila ingin membuat kupon kurban Iduladha, simak caranya di bawah ini.

Setelah membuat di Word, baik menggunakan Table atau Shapes, simpan dan cetaklah dokumen kupon tersebut. Demikian penjelasan seputar cara membuat kupon kurban Iduladha 2022 di Word dengan mudah, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/08/12150007/2-cara-bikin-kupon-kurban-iduladha-2022-di-microsoft-word-dengan-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke