Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Equnix Luncurkan Solusi Private Cloud untuk Korporasi

Untuk diketahui, sebuah sistem teknologi informasi yang dipergunakan oleh korporasi memiliki kesatuan integritas layanan dari ground to apps, menyeluruh dari hardware, OS, tools, hingga aplikasi dalam hal pengembangan, operasional dan perawatannya.

Hingga saat ini, belum banyak layanan cloud yang bisa memberikan keleluasaan pengguna untuk ‘ikut campur’ hingga ke level hardware yang digunakan oleh pemberi layanan cloud tersebut, bilamana dibutuhkan.

Karena itulah, layanan Equnix Appliance ini hadir untuk menghapuskan semua keruwetan terkait hardware, sistem operasi, tools, perawatan, dan dapat sampai dengan operasional. Layanan ini lebih sesuai untuk korporasi besar yang membutuhkan kontrol penuh akan data.

“Cloud memang bagus dan menarik untuk ritel, startup, dan UMKM, tapi kurang cocok untuk korporasi yang butuh "mission critical,” kata Julyanto Sutandang, CEO PT. Equnix Business Solutions dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Minggu (10/7/2022).

Mission critical yang dimaksud adalah kondisi kritikalitas sebuah sistem, yang tidak boleh “out of service” dalam kondisi apa pun dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi dalam segala aspek, seperti misalnya sistem internet banking, ATM, dan aplikasi pelayanan publik.

Faktor level keamanan dan kenyamanan yang tinggi dalam menjaga kestabilan, kemudahan dimaintain dan dioperasikan, menurut Julyanto, menjadi alasan utama bagi korporasi besar dalam memilih sistem yang digunakan.

Hal yang sama juga disampaikan oleh I Made Wiryana, pengajar dan konsultan Pemerintah dalam bidang TI. Menurut Made Wiryana, pada public cloud, orang biasanya merasa memiliki kontrol, padahal tidak punya kontrol sama sekali.

"Korporasi besar pastinya ingin memiliki total kontrol, sedangkan kalau dikelola dengan cara masa lalu maka sangat merepotkan, apalagi jika tidak punya departemen IT yang bagus,” kata Made Wiryana.

Ia juga mengatakan, urusan data adalah modal dasar bagi sebuah perusahaan besar. Karena itu, kontrol sepenuhnya harus ada di tangan pemilik. Solusi yang ditawarkan Equnix inilah yang memungkinkan kontrol data ada di tangan pemilik, tanpa harus repot memiliki hardware maupun tenaga IT yang berjumlah banyak.

Equnix Appliance sendiri bisa digunakan dengan beberapa metode, seperti Managed Service Cloud On-Premise, Manage Service Appliance, dan digunakan secara mandiri atau tanpa manajemen layanan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/10/16000027/equnix-luncurkan-solusi-private-cloud-untuk-korporasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke