Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Suara Film di Netflix Kini Bisa seperti di Bioskop Tanpa Speaker Tambahan

Fitur Audio Spatial merupakan teknologi suara yang didesain untuk memberikan suara dari arah mana saja, layaknya di bioskop. Suara apa pun di dalam film juga akan diperdengarkan, sehingga penonton seolah terbawa masuk ke dalam film.

Ini bisa dicapai karena Netflix menggunakan teknologi AMBEO Immersive Audio dari Sennheiser untuk menghadirkan teknologi spatial audio meski hanya melalui perangkat stereo 2-channel.

Artinya, pengguna tidak memerlukan speaker surround tambahan atau membuat ruangan bioskop (home theatre) sendiri untuk menikmati fitur audio tersebut.

Mereka bisa memanfaatkan perangkat TV standar, sistem stereo dari perangkat bawaan, headphone, tablet, hingga laptop saja untuk menikmati kualitas audio ala bioskop.

Namun, bagi pengguna iPhone, iPad, ataupun Apple TV, kualitas dari streaming perlu diubah ke pengaturan kualitas “Tinggi” atau “Otomatis” agar konten tersebut dapat kompatibel dengan fitur audio spasial ini.

Tak semua film/serial yang ada di Netflix mendukung fitur Audio Spatial. Sejumlah serial/film yang mendukung fitur tersebut antara lain “Stranger Things”, “The Adam Project”, “Red Notice”, “The Witcher”, dan “Locke & Key”.

Pelanggan juga bisa mengetik “Audio Spatial” pada kolom pencarian. Nantinya, sistem akan menyuguhkan sejumlah acara/film yang mendukung fitur tersebut. Jumlah judul-judul yang tersedia bergantung pada perangkat streaming yang digunakan.

Fitur Audio Spatial ini juga hadir untuk semua pelanggan Netflix, terlepas dari apa pun paket langganan streaming yang mereka beli.

“Audio spatial Netflix membantu menghadirkan pengalaman sinematik audio yang imersif ke dalam (jenis) stereo apa pun, pencipta karya bisa membawa penonton ke dalam cerita yang terjadi, apa pun perangkat yang digunakan untuk menonton Netflix,” demikian dikutip KompasTekno dari situs resmi Netflix, Selasa (12/7/2022).

Menurut Sennheiser, yang selama ini sudah melakukan berbagai riset dan inovasi khusus di sektor audio, Audio Spatial 2-Channel AMBEO yang diterapkan Netflix tidak akan menghilangkan suara asli dari film/series di Netflix.

Hal ini dilakukan untuk menghormati pencipta karya, dan hanya bertujuan untuk “memperindah” elemen audio dan memperjelas audio, tidak bertujuan mengalahkan suara asli dari produk tersebut.

“Pemrosesan ini sejalan dengan reputasi Sennheiser untuk menghadirkan alat yang 'transparan' dan tidak mengganggu suara asli (film/acara di Netflix). Sennheiser 2-Channel Spatial Audio berusaha menjemahkan maksud mixer (alat pengatur suara), bukan untuk mengalahkannya,” jelas Dr. Renato Pellegrini dari AMBEO Sennheiser.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/12/11000087/suara-film-di-netflix-kini-bisa-seperti-di-bioskop-tanpa-speaker-tambahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke