Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Mulai Gulirkan Google Duo Versi Baru Setelah Dilebur dengan Meet

Sedangkan aplikasi Google Meet versi lama, nantinya akan berubah nama menjadi "Meet Original".

Rencananya, peleburan dua aplikasi itu akan berlaku akhir tahun 2022. Namun, tampaknya Google sudah mulai menggulirkan pembaruan untuk Google Duo dan Google Meet versi baru setelah digabung.

Menurut laporan 9to5Google, beberapa pengguna dilaporkan sudah mendapati pembaruan aplikasi untuk Google Duo di ponsel Android.

Pembaruan itu muncul di aplikasi Google Duo versi 169.0.459621665. Nantinya, di halaman utama Duo, terdapat pemberitahuan berjudul “Duo is getting even better”. Pesan pengumuman tersebut berisi kalau aplikasi Duo di dalam perangkat akan diubah menjadi Meet dengan nama, ikon, dan fitur-fitur baru.

"Aplikasi "Duo" akan berubah menjadi "Meet" dengan nama dan ikon yang baru, serta fitur-fitur lain seperti efek latar belakang," begitu penggalan bunyi pengumuman tersebut.

Ketika Floating Action Button (FAB) atau pesan pop-up diklik, akan muncul beberapa fitur, seperti “Create a New Meeting” dan “Schedule in Google Calendar”, yang sebelumnya ada di Google Meet.

Fitur pertama memudahkan pengguna untuk langsung membuat panggilan atau pertemuan secara instan.

Sedangkan fitur kedua, memungkinkan pengguna untuk membuat jadwal pertemuan tertentu. Nantinya, jadwal tersebut akan langsung terintegrasi dengan aplikasi Google Calendar.

Sebaliknya, jika pengguna membuat jadwal pertemuan melalui Meet versi desktop, jadwal tersebut akan muncul di kolom “Meetings” Google Duo dan sekaligus tercantum di Google Calendar.

Google juga  menampilkan tiga poin tentang persyaratan privasi Google Meet yang sudah ditingkatkan. Poin pertama adalah peralihan penggunaan end-to-end encryption menjadi cloud encryption.

Hal ini dilakukan oleh Google agar memungkinkan pengguna menggunakan lebih banyak fitur, seperti teks langsung atau melakukan panggilan video. Kedua, nama akun Google pengguna akan muncul saat melakukan panggilan.

Terakhir, pengguna yang sebelumnya pernah memblokir beberapa akun di Duo, tidak akan ditransfer ke Meet. Sehingga pemblokiran akan "diputihkan" dan akun yang diblokir dapat bergabung di Google Meet.

Pembaruan lainnyamuncul di halaman utama Duo. Di bagian ikon kanan bawah yang berfungsi untuk membuat panggilan baru, mengalami perubahan nama, dari “New Call” menjadi “New”, sebagaimana 9to5Google, Rabu (13/7/2022).

Transfer fitur dari "Meet" ke Google Duo

Seperti yang diketahui, kedua platform dari Google Meet dan Google Duo, mulanya dioperasikan secara terpisah. Peleburan nanti akan lebih banyak mentransfer fitur-fitur dari "Meet" versi lama ke Google Meet versi baru (Google Duo).

Sebab, Duo dinilai lebih canggih ketimbang Meet. Alasan lainnya, kemungkinan adalah basis pengguna Duo yang lebih banyak daripada Google Meet.

"Aplikasi mobile Duo memiliki banyak kecanggihan, terutama di pasar negara berkembang dengan konektivitas jaringan yang bervariasi," kata Dave Citron, Direktur Produk Video Google, dikutip KompasTekno dari The Verge.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/13/09040047/google-mulai-gulirkan-google-duo-versi-baru-setelah-dilebur-dengan-meet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke