Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Galaxy Watch 5 Muncul di Situs Resmi Samsung, Ada Versi "Pro"

Indikasinya muncul lantaran Samsung sempat memajang nama item Galaxy Watch 5 di situs resminya. Pembocor gadget kenamaan, Roland Quandt membagikan informasi itu lewat akun Twitter dengan handle @rquandt.

Quandt mengatakan, dia menemukan tiga item di situs resmi Samsung, salah satunya model Galaxy Watch 5 Pro. Ketiganya adalah:

Saat artikel ini ditulis, KompasTekno masih dapat mengakses situs tersebut, tetapi hanya dapat dibuka melalui situs resmi dari negara Denmark, Norwegia, dan Belanda saja. Produk ini juga belum muncul di situs resmi Samsung versi bahasa Inggris.

Penemuan yang didapatkan adalah situs tersebut hanya menampilkan nomor seri atau kode produknya saja, tanpa memasang foto Galaxy Watch 5. Sehingga wujud asli dari arloji pintar ini masih misterius.

Hal lain yang juga ditemukan adalah kode produk yang diunggah Quandt berbeda dengan kode produk di situs Komisi Perdagangan Federal (FCC) AS. Kode tersebut terdiri dari “SM-R900”, “SM-R910”, dan “SM-R920”, yakni

  • Galaxy Watch 5 berdiameter 40mm (SM-R900)
  • Galaxy Watch 5 berdiameter 44 mm (SM-R910)
  • Galaxy Watch 5 Pro berdiameter 45mm (SM-R920)

Konon, perbedaan kode tersebut dikarenakan situs resmi Samsung meluncurkan arloji pintar yang mendukung konektivitas jaringan LTE, sedangkan di situs FCC merupakan arloji pintar yang mendukung versi Bluetooth-only.

Dikutipdari 9to5 Google, Selasa (12/7/2022), arloji pintar Samsung yang mendukung fitur Bluetooth, umumya mencantumkan angka "nol" di bagian akhir nomor seri. Mengingat, generasi pendahulunya, Galaxy Smart Watch 4 menggunakan pola angka "nol" di bagian akhir nomor seri (contoh: SM-R880) untuk menunjukkan versi Bluetooth-only.

Meski memiliki perbedaan kode produk antara FCC dan situs resmi Samsung, kemunculan versi “Pro” di sini juga menarik perhatian.

Ada kemungkinan kalau versi “Pro” akan menjadi produk perdana yang dikeluarkan oleh Samsung. Dibanding sebelumnya, Galaxy Watch 4 hadir dengan versi “reguler” dan “classic”.

Kendati begitu, bocoran terkait penampakan asli dari Galaxy Watch 5 sudah mulai bertebaran di dunia maya. Bocoran tersebut tidak hanya segi desain, tetapi juga dari ketahanan baterai, dan fitur-fitur pendukung lainnya.

Perusahaan akan mengganti rotating bezel di Galaxy Watch 5 Pro dengan digital bezel, sama seperti dengan Galaxy Watch 5 versi “reguler” lainnya. Sehingga memudahkan pengguna untuk mengusap layar dari pinggir layar untuk navigasi.

Untuk perlindungan layarnya, Galaxy Watch 5 akan menggunakan Sapphire Crystal. Lalu, bahan arloji pintar ini diprediksi akan menggunakan lapisan berbahan titanium.

Sistem operasi yang dijalankan nantinya adalah WearOS, masih sama seperti pendahulunya, yaitu Galaxy Watch 4. Diharapkan, seri terbaru kali ini dapat menampilkan Google Asistant.

Untuk membedakan Galaxy Watch 5 versi “reguler” dan “Pro”, Samsung meningkatkan kapasitas baterai pada versi “Pro” sebanyak 60 persen lebih besar dibanding versi “reguler” berukuran 40 mm.

Sebagai perbandingan, Galaxy Watch 5 versi reguler, berukuran 40 mm dibekali kapasitas baterai sebesar 276mAh, Galaxy Watch 5 “reguler” berukuran 44 mm akan berkapasitas 397mAh. Sementara Galaxy Watch 5 versi “Pro” berkapasitas 572 mAh.

Untuk pengisian dayanya sendiri, Samsung disinyalir menghadirkan pengisian daya nirkabel sebesar 10 watt. Fitur pendukung lainnya akan mendukung WiFi 2,4G Hz dan 5 GHz, Bluetooth, NFC, dan GPS.

Dikutip KompasTekno dari Android Police, Rabu (13/7/2022), bocoran lainnya juga mengungkapkan kalau Galaxy Watch 5 mendukung konektivitas jaringan LTE, ketahanan air 5 ATM atau sampai kedalaman 50 meter, serta fitur pengaturan suhu tubuh.

Harga Galaxy Watch 5

Untuk ketersediaan produk masih belum diketahui lebih lanjut. Jika waktu peluncuran produk ini sama dengan Galaxy Watch 4, kemungkinan besar Galaxy Watch 5 juga akan diluncurkan di Agustus mendatang.

Kemudian, harga produknya sendiri kemungkinan tidak jauh berbeda dengan Galaxy Watch 4, yaitu untuk versi "reguler" berukuran 40mm bisa dibanderol mulai dari 250 dollar AS (Rp3,86 juta), sementara versi "reguler" 44mm seharga 330 dollar AS setara Rp 4,94 juta.

Harga tersebut lebih mahal karena Galaxy Watch 5 "reguler" 44 mm sudah mendukung jaringan LTE, sedangkan Galaxy Watch "reguler" 40mm belum mendukung jaringan LTE dan kemungkinan hadir dengan versi bluetooth-only.

Kemudian, untuk harga Galaxy Watch 5 "Pro" yang menjadi versi tertinggi dari dua produk lainnya, kemungkinan dipatok mulai dari harga 480 dollar AS atau Rp 7,18 juta.

Dari segi warna, versi “reguler” menghadirkan warna-warna yang lebih colorful dan beragam, seperti Graphite, Silver, Blue, dan Pink Gold.

Sedangkan versi “Pro” hadir dengan dua warna minimalis, yakni Hitam, dan Abu titanium. Hal ini yang nantinya akan membuat Galaxy Watch 5 "Pro" terlihat lebih sporty, dibanding versi “reguler”.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/13/12300007/galaxy-watch-5-muncul-di-situs-resmi-samsung-ada-versi-pro-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke