Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nikon Tak Lagi Kembangkan Kamera DSLR, Benarkah?

KOMPAS.com - Perusahaan lensa dan kamera asal Jepang Nikon dikabarkan tak akan lagi memproduksi model terbaru dari seri kamera digital single lens reflex (DSLR).

Alih-alih demikian, produk terbaru Nikon di masa depan nantinya akan fokus ke kamera seri mirrorless saja.

Setidaknya begitu menurut laporan Nikkei, dan beberapa outlet media lain. Rumor tersebut mencuat karena Nikon tak lagi merilis kamera DSLR terbaru sejak Nikon D6 dirilis pada Juni 2020 lalu.

Meski tak meluncurkan produk terbaru dari kategori kamera DSLR, Nikon disebut tetap akan memproduksi kamera DSLR yang sudah ada di pasaran, macam Nikon D6 hingga D3500.

Menanggapi laporan tersebut, pihak Nikon langsung angkat bicara. Dalam sebuah pernyataan di blog resmi Nikon, mereka mengatakan bahwa laporan yang beredar di media itu tidak benar.

"Laporan yang tersebar di internet itu hanyalah spekulasi semata dan Nikon hingga saat ini tidak memiliki pengumuman terkait mundurnya kami dari bisnis kamera DSLR," ujar Nikon.

Nikon sebenarnya tidak membenarkan atau menepis soal hengkangnya perusahaan asal Jepang itu dari pasar DSLR. Mereka hanya mengonfirmasi bahwa pihaknya akan terus memproduksi kamera DSLR dalam beberapa waktu ke depan.

Belum diketahui apakah kamera DSLR yang disebut Nokon ini merupakan model baru atau hanya model lama yang sudah diluncurkan Nikon sejauh ini, sebagaimana disebut pada laporan di atas.

"Kami memastikan untuk saat ini Niko akan terus memproduksi, sekaligus menghadirkan dukungan dan layanan perbaikan untuk produk kamera DSLR kami," imbuh Nikon.

Nikon pertama kali meluncurkan kamera DSLR profesional pada 1999 lalu dengan Nikon D1 yang memiliki sensor kamera 2,7 megapiksel.

Portofolio Nikon untuk kategori kamera DSLR bertambah seiring berjalannya waktu, hingga model terbarunya, yaitu Nikon D6 yang dirilis pada 2020 lalu.

Lalu, Nikon terjun ke pasar kamera mirrorless dengan Nikon Z Series, lewat Nikon Z6 dan Z7 pada 2018 lalu.

Dengan bodi yang lebih ringkas dari kamera DLSR dan memiliki fitur yang nyaris sama canggihnya, kamera mirrorless belakangan bisa dibilang mulai dilirik oleh para pengguna.

Kedua kamera ini memiliki bentuk bodi dengan ukuran berbeda karena teknik pemrosesan cahaya yang diusung masing-masing kamera.

Kamera DSLR lebih besar karena sejatinya dibekali dengan berbagai kaca dan prisma yang bakal memantulkan cahaya yang masuk melalui lensa, supaya gambar bisa ditampilkan ke jendela bidik alias viewfinder.

Sementara itu kamera mirrorless, seperti namanya, tak dibekali dengan kaca. Namun, cahaya yang masuk ke dalam lensa langsung diserap oleh sensor gambar untuk bisa ditampilkan ke viewfinder.

Terkait kamera DSLR, belum lama ini Nikon sempat memensiunkan dua kamera DSLR kategori entry-level Nikon D3500 dan D5600, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Rabu (13/7/2022).

Menurut Nikon, hal itu terpaksa dilakukan karena mereka ingin fokus ke kamera DSLR di kategori mid-range hingga flagship di masa depan, serta lebih dekat dengan target pasar mereka saat ini, yaitu anak-anak muda.

Belum bisa dipastikan apakah kedua kamera DSLR tersebut disetop produksinya karena "tidak laku" atau justru kalah saing dengan kamera mirrorless.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/13/18400027/nikon-tak-lagi-kembangkan-kamera-dslr-benarkah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke