Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Realme GT2 Explorer Master Meluncur dengan Snapdragon 8+ Gen 1, Ini Spesifikasinya

KOMPAS.com - Realme menambah panjang jajaran smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 8+ Gen 1 dengan meluncurkan Realme GT2 Explorer Master di China. Smartphone ini masuk dalam lini seri Realme GT2 series yang diluncurkan perusahaan pada awal tahun ini.

Seperti edisi Master pada smartphone Realme lainnya, Realme GT2 Explorer Master juga dirancang khusus oleh desainer kenamaan. Untuk GT2 Explorer Master, Realme berkerja sama dengan fashion desainer Jae-Jung yang sebelumnya merupakan perancang busana untuk merek Ralph Lauren.

Desain ponsel ini disebut "Travel Trunk" atau koper travel bernuansa retro disertai penutup tepi yang bertekstur matte. Penampangnya dibuat dari material kulit vegan yang diklaim ramah lingkungan.

Meskipun tidak dikategorikan sebagai smartphone gaming, spesifikasi Realme GT2 Explorer Master dirancang agar mampu menunjang aktivitas bermain game.

Oleh karena itu, smartphone ini dilengkapi dengan tombol mekanis yang sensitif terhadap tekanan, utamanya ketika pengguna memainkan game mobile.

Spesifikasi Realme GT2 Explorer Master

Realme GT2 Explorer Master diluncurkan dengan layar AMOLED 6,7 inci dan resolusi Full HD+. Layarnya tampak mendominasi tampilan depan ponsel karena bezel (bingkai) yang tipis.  Khususnya bezel samping dan atas yang berukuran 1,48 mm serta bezel bawah berukuran 2,37 mm.

Sebagai ponsel flagship, smartphone ini turut dibekali refresh rate layar hingga 120 Hz dan touch sampling rate 360 Hz. Selain itu, layar Realme GT2 Explorer Master juga memiliki color gamut DCI-P3 100 persen.

Realme juga menyematkan chip driver layar khusus yaitu Realme X7. Gunanya adalah untuk mengoptimalkan kinerja layar dan konsumsi dayanya.

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (13/7/2022), chip tersebut dapat mengekstrapolasi atau memperkirakan frame rate yang sesuai baik dari 30 fps ke 120 fps saat bermain game atau dari 60 Hz ke 120 Hz ketika layar digunakan untuk skenario lainnya.

Adapun dapur pacunya ditenagai oleh chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang diproses dengan fabrikasi 4 nm. Chip ini juga memiliki CPU dengan clockspeed sampai 3.0 GHz dan GPU Adreno 730 untuk mengolah grafis perangkat.

Snapdragon 8+ Gen 1 pada Realme GT2 Explorer Master dipadankan dengan tiga opsi konfigurasi RAM dan memori, yaitu 8/128 GB, 8/256 GB, dan 12/256 GB.

Beralih ke aspek kamera, Realme GT2 Explorer Master mengusung tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP yang didukung sensor Sony IMX766, ultra-wide 50 MP dengan bidang pandang 150 derajat, dan kamera makro 2 MP.

Sementara itu kamera depannya memiliki resolusi 16 MP yang dapat menunjang aktivitas selfie dan panggilan video. Kamera ini disematkan pada lubang layar (notch) yang diposisikan di tengah atas layar.

Untuk daya tahannya, Realme GT2 Explorer Master dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh yang didukung fast charging 100 watt. Dengan dukungan pengisian ulang cepat tersebut, baterai Realme GT2 Explorer Master dapat diisi ulang dari 0 sampai 100 persen hanya dalam 25 menit.

Realme sesumbar meskipun baterai smartphone-nya didukung output fast charging yang cukup besar, komponen itu akan memiliki umur dua kali lebih lama ketimbang kompetitornya.

Realme GT2 Explorer Master juga dibekali dua vapor chamber untuk menjaga suhu ponsel tetap stabil dan Realme GT Mode 3.0 untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna saat bermain game.

Untuk sistem operasinya (OS), Realme GT2 Explorer Master berjalan dengan OS Android 12 dan dilapisi antarmuka (UI) Realme UI 3.0.

Fitur lainnya yang disematkan Realme untuk smartphone ini yaitu konektivitas 5G, GPS dual-band, NFC 360 derajat, dan pemindai sidik jari di bawah layar.

Harga Realme GT2 Explorer Master

Realme GT2 Explorer Master tersedia dalam warna hitam dan putih. Sejauh ini, Realme GT2 Explorer Master baru tersedia di China. Konon, Realme tidak akan berencana menghadirkan ponsel ini untuk pasar di luar China. Berikut rincian harga Realme GT2 Explorer Master di China :

  • Realme GT2 Explorer Master 8/128 GB - 3.499 yuan atau setara Rp 7,8 juta
  • Realme GT2 Explorer Master 8/256 GB - 3.799 yuan atau setara Rp 8,4 juta
  • Realme GT2 Explorer Master 12/256 GB - 3.999 yuan atau setara Rp 8,9 juta

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/13/19300077/realme-gt2-explorer-master-meluncur-dengan-snapdragon-8-gen-1-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke